Sabtu, 20 April 2024

Awali Kampanye di Merauke, Ganjar Diberikan Mahkota hingga Disambut Tarian Suku Asmat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Kedatangan Ganjar Pranowo Capres disambut meriah dan antusias ribuan masyarakat saat tiba di Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023). Foto: istimewa

Ganjar Pranowo Calon Presiden mengawali hari pertama kampanyenya di Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023).

Kedatangan Ganjar disambut meriah dan antusias ribuan masyarakat saat tiba di Bandara Mopah Merauke. Ganjar disambut tarian khas Suku Asmat. Tak hanya itu, Ganjar juga diberikan mahkota dan noken yang disematkan oleh tokoh masyarakat setempat. Ribuan masyarakat juga meneriakkan nama Ganjar dan dukungannya kepada Ganjar untuk menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

“Pak Ganjar, Pak Ganjar. Kami dukung Bapak,” teriak masyarakat.

“Pak foto, Pak,” ucap sejumlah warga.

“Iya, terima kasih, terima kasih,” jawab Ganjar sembari tersenyum dan bersalaman menyapa masyarakat.

Sementara itu, Marselus Yamkai Wakil Ketua Ikatan Mahasiswa Asmat mengatakan bahwa yang melakukan tarian adalah mahasiswa Asmat.

“Kami dari mahasiswa Asmat, kami siap untuk menjemput dengan atraksi yang sudah kami siapkan,” ucap Marselus di lokasi.

Marselus menilai Ganjar merupakan figur yang telah terbukti mempunyai kepedulian terhadap masyarakat Papua, khususnya para mahasiswa asal Papua.

“Pak Ganjar orangnya baik, beliau sering ke Papua. Dan luar biasa, artinya beliau punya pendekatan terhadap masyarakat, dan juga mahasiswa-mahasiswi yang ada di Tanah Papua sangat luar biasa,” ungkapnya.

Dalam kampanye kali ini, Ganjar didampingi di antaranya oleh Andika Perkasa, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) hingga Angela Tanoesoedibjo hingga Gatot Eddy Pramono Wakil Ketua TPN.

Kedatangan Ganjar di Bumi Cendrawasih menandai awal dari serangkaian kegiatan kampanye yang akan dilakukannya di berbagai daerah di Indonesia.

Sedangkan Mahfud MD Cawapres Ganjar melakukan kampanye hari pertama di Sabang, Aceh.

Sabang dan Merauke dipilih sebagai lokasi dimulainya kampanye perdana Ganjar di Pilpres 2024, mengingat daerah ini berada di bagian paling Timur Indonesia, paling awal menyambut Mentari pagi, paling awal memulai kerja. Hal ini sekaligus menjadi simbol terdepan dalam menyambut harapan.

Adapun kampanye Mahfud di Sabang dilangsungkan di Pasi Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh. Lokasi kampanye perdana Mahfud di bagian paling Barat Indonesia ini menjadi simbol persatuan Indonesia, sesuai sila ke-3 Pancasila.

Awal kampanye ini juga sebagai tekad dari Ganjar-Mahfud dalam mewujudkan pemerataan pembangunan ekonomi dan menyejahterakan rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs