Sabtu, 27 April 2024

Bawaslu Waspadai Politik Uang Lewat Metode Transfer Jelang Pemilu 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya mewaspadai aktivitas politik uang yang dilakukan melalui metode transfer atau secara online, jelang Pemilu 2024 mendatang.

Agil Akbar Ketua Bawaslu Kota Surabaya, menyatakan bahwa hal tersebut merupakan aktivitas yang dilarang dalam jalannya masa Pemilu.

“Transfer ini kan hakikatnya tetap memberi uang, tapi dengan metode yang lain,” ucapnya kepada suarasurabaya.net saat berada di Suara Surabaya Centre, Kamis (5/1/2023).

Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa Bawaslu akan mencegah adanya potensi yang dapat mencurangi demokrasi di Indonesia tersebut.

Agil juga mengatakan, jika ada peserta Pemilu yang melanggar ketentuan tersebut, maka Bawaslu akan turun tangan.

“Bawaslu setidaknya akan bekerja sama dengan perbankan yang lain, untuk memastikan bagaimana caranya agar tidak terjadi transfer yang angkanya cukup besar,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, melalui kerja sama dengan pihak bank, Bawaslu akan mengecek beberapa rekening bank yang digunakan oleh peserta Pemilu.

“Jadi, peserta Pemilu itu nanti akan menyampaikan rekening dana kampanye, laporan awal dana kampanye, kemudian laporan pengeluaran dana kampanye dan yang terakhir laporan dana kampanye. Kita akan cek melalui laporan dana kampanye masing-masing peserta Pemilu,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa pelanggaran semacam itu rawan terjadi saat mendekati waktu pemungutan suara.

“Karena dalam trennya, pemberian uang dan materi lainnya ini kan mendekati pemungutan suara, dalam kampanye tahapan akhir-akhir lah, bulan Februari dan bulan Januari,” pungkasnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs