Kamis, 16 Mei 2024

Bertemu Presiden di Istana, Anies Baswedan Menekankan Netralitas Aparatur Negara pada Pilpres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Anies Baswedan memberikan keterangan bersama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, usai makan siang bersama Jokowi Presiden, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2023). Foto: Farid Suara Surabaya

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto tiga orang bakal calon presiden (bacapres), siang hari ini, Senin (30/10/2023), datang ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Mereka memenuhi undangan makan siang bersama Joko Widodo Presiden, di Ruang Makan Istana Merdeka.

Sambil menyantap menu VVIP yang sudah tersedia, ketiga orang yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 berbincang santai.

Dalam keterangannya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Prabowo Subianto menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan Jokowi. Sehingga, bisa kumpul makan bareng Anies dan Ganjar.

Di tempat yang sama, Anies menyampaikan harapan masyarakat yang menginginkan para aparatur negara menjaga netralitasnya pada perhelatan pilpres mendatang, kepada Kepala Negara.

Anies bersyukur karena Jokowi Presiden berkomitmen dan sudah berulang kali menyampaikan kepada para kepala daerah dan pimpinan TNI-Polri terkait netralitas.

“Presiden memang mengumpulkan penjabat gubernur, bupati, bahkan akan mengumpulkan TNI, polisi, dan semua aparat untuk netral. Kami melihat itu adalah pesan penting yang bisa membuat pilpres berjalan dengan aman, damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukkan sikap yang netral, yang profesional. Jadi, itu salah satu yang kami sampaikan dan Presiden merespons positif. Sehingga, diskusi kita juga tadi lancar,” ujarnya.

Senada dengan Anies, Ganjar Pranowo meyakini Jokowi Presiden akan mendukung sistem demokrasi yang baik.

Dia juga mengajak semua pihak bersama-sama menjaga supaya pemilu berjalan demokratis, damai, dan adil.

Seperti diketahui, ada tiga pasangan yang resmi mendaftar sebagai bakal capres dan bakal cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diusung Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Kemudian, Ganjar Pranowo-Mahfud Md didukung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo.

Sedangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat dukungan Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PBB, PSI, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PRIMA.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
29o
Kurs