Kamis, 2 Mei 2024

Cak Imin: Selama Ini UMKM Hanya Jadi Lingkaran Setan, Bukan Tumpuan Ekonomi Nasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Muhaimin Iskandar di Taman Bungkul Surabaya Selasa (28/11/2023) malam. Foto: Meilita suarasurabaya.net Muhaimin Iskandar di Taman Bungkul Surabaya Selasa (28/11/2023) malam. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai selama ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hanya jadi lingkaran setan karena kebijakan.

Pernyataan itu diungkap saat makan di Pedagang Kaki Lima (PKL) Taman Bungkul Surabaya Selasa (28/11/2023) malam.

Menurutnya selama ini ekonomi nasional hanya bertumpu pada bisnis besar, karena lemahnya UMKM.

“Intinya gini, selama ini UMKM seperti lingkaran setan, tidak bisa jadi tumpuan ekonomi nasional, karena lemahnya UMKM. Yang bisa menjadi tumpuan ekonomi nasional, ekonomi besar. Karena untuk penyangga pertumbuhan. Tetapi kalau begini terus tidak ada perubahan, kan susah. Selalu bergantung pada ekonomi besar,” katanya, Selasa (28/11/2023).

Lingkaran setan UMKM ini menurutnya karena kebijakan yang belum adil atau setara.

“Satu-satunya cara perubahan, perubahan itu sejak dari policy ekonomi sudah memasukan unsur keadilan. Apa itu? kesetaraan. Jadi, supaya enggak muter aja, ketergantungan kepada pertumbuhan ekonomi berbasis bisnis besar,” jelasnya.

Menurutnya lingkaran setan ini harus diberhentikan dengan mendorong serius pertumbuhan UMKM bukan hanya dengan kata-kata.

“Mau gak mau kita afirmasi, kita harus punya keberpihakan serius tidak retorika, langsung pada pokok pangkal masalahnya. Memberi ruang dan akses UMKM. Selama ini tidak berdaya karena selalu ditopang usaha besar. Kita putus itu, putus dengan afirmasi UMKM,” bebernya.

Afirmasi atau dorongan yang dimaksud, sambungnya, permodalan, akses pengembangan bisnis, hingga peningkatan kemampuan.

“Mulai dari afirmasi permodalan, dikasih moda lebih cepat. Bantuan akses, mudah pengembangan bisnisnya dibantu pemerintah. Kemudian meningkatkan kapabilitas, dan kapasitas para pelaku UMKM,” ujarnya.

Semua intervensi itu, lanjutnya, akan jadi program ia dan pasangannya Anies Baswedan jika terpilih.

“Banyak (program untuk UMKM) kita punya platform sekaligus, punya visi-misi UMKM menjadi berdaya dari berbagai pendekatan,” tandasnya. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs