Kamis, 2 Mei 2024
Debat Cawapres

Cak Imin Tak Janjikan Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen karena Takut Utang Melejit

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Mahfud MD calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 mempertanyakan target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) yang hanya 5,5-6 persen.

Menanggapi hal itu, Muhaimin menyatakan bahwa pihaknya bisa saja menetapkan target pertumbuhan ekonomi 7 persen hingga 8 persen.

“Kalau membuat target pertumbuhan, bisa saja 7-8 persen, Namun yang ingin kami wujudkan adalah pertumbuhan yang berkualitas dan inklusif,” kata Muhaimin debat perdana cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) malam.

Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut menjelaskan, pertumbuhan ekonomi berkualitas dan inklusif yang dimaksud adalah yang memiliki dampak langsung dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat, dan pemerataan pembangunan.

Muhaimin menambahkan, jika dipaksakan pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen atau lebih, ia khawatir akan memberi dampak pada peningkatan utang luar negeri.

“Utang luar negeri yang terlampau banyak ini mengakibatkan beban bukan hanya pemerintahan hari ini, tapi juga anak cucu kita akan mengalami banyak beban utang yang panjang,” terang Cak Imin.

Sementara itu, debat perdana cawapres Pemilu 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi cawapres.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs