Minggu, 28 April 2024
Debat Capres 2024

Debat Pertama Berakhir, Ketiga Capres Janjikan Penguatan Hukum dan Pemberantasan Korupsi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tangkap layar ketika capres 2024 saat debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Tangkap layar ketika capres 2024 saat debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), malam hari ini, Selasa (12/12/2023), selesai menggelar debat calon presiden (capres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Tema debat pertama capres yaitu pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Segmen pertama debat adalah penyampaian tata tertib dan visi misi/program masing-masing capres.

Lalu segmen kedua sampai kelima sesi khusus interaksi antarcalon. Dalam sesi interaktif, masing-masing capres bergiliran mengambil undian pertanyaan debat yang sudah disusun 11 orang panelis.

Calon presiden yang mendapat giliran punya waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan dari panelis. Selanjutnya, dua capres lainnya menanggapi jawaban tersebut selama satu menit.

Segmen keenam adalah sesi terakhir. Masing-masing capres memberikan pernyataan penutup.

Dalam enam segmentasi, ketiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo sama-sama menyampaikan janji untuk memperbaiki dan memperkuat hukum, serta memberantas korupsi di Indonesia.

Anies Baswedan yang mengusung semangat perubahan mengkritik penegakan hukum di Indonesia.

Menurutnya, penegakan hukum yang dijalankan pemerintah sekarang belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip hukum karena hukum dijalankan kekuasaan, bukan oleh negara.

Kemudian, Prabowo Subianto capres nomor urut 2 mengatakan akan memperbaiki yang memang perlu diperbaiki, menegakkan yang perlu ditegakkan, dan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan tiga gagasan dalam paparan visi misinya. Pertama, pembangunan fasilitas kesehatan satu desa, satu puskesmas.

Kedua, Ganjar menjanjikan insentif untuk guru, termasuk guru agama supaya bisa mengajarkan budi pekerti dengan moderasi agama.

Ketiga, Ganjar menjanjikan pemerataan akses pendidikan dan internet gratis buat para siswa di seluruh penjuru Tanah Air.

Ganjar bilang, semua itu bisa terwujud kalau pemerintahnya bersih, dan hukum berdiri tegak.

Pantauan suarasurabaya.net di Kantor KPU RI, para capres dan cawapres langsung bersiap meninggalkan lokasi beberapa waktu sesudah debat selesai, pukul 22.05 WIB, lewat pintu sisi barat.

Para pendukung masing-masing pasangan capres juga secara tertib keluar dari area debat capres dan meninggalkan Kantor KPU RI dari pintu sebelah timur.

Sekadar informasi, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres. Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Debat pertama Pilpres 2024 yang digelar di KPU RI, Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam, merupakan debat antarcapres yang mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (nomor urut 3).(rid/ath/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs