Senin, 29 April 2024

DPRD Surabaya Setujui Anggaran Beasiswa Kuliah 2024 Sebesar Rp63 Miliar untuk 3.500 Mahasiswa

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Reni Astuti, pimpinan DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya bersama para mahasiswa di Kota Surabaya. Foto: Istimewa Reni Astuti, pimpinan DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya bersama para mahasiswa di Kota Surabaya. Foto: Istimewa

DPRD Kota Surabaya telah membahas dan menyetujui anggaran Beasiswa Pemuda Tangguh jenjang kuliah sebesar Rp63 miliar dengan kuota penerima manfaat sejumlah 3.500 mahasiswa.

Target penerima beasiswa kuliah ini akan diprioritaskan utamanya adalah bagi masyarakat Kota Surabaya yang membutuhkan atau kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi.

Reni Astuti, pimpinan DPRD Kota Surabaya mengatakan, bantuan biaya pendidikan ini menyasar mahasiswa di seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Pahlawan dan beberapa PTN lain yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya.

“Anggarannya sudah kami siapkan, beasiswa ini diperuntukan kepada mahasiswa on going sekaligus mereka yang baru mulai kuliah atau mahasiswa baru di tahun 2024,” terangnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/12/2023).

“Karenanya, saya mendorong program ini bisa benar-benar sampai ke warga kota surabaya utamanya anak-anak yang membutuhkan, dari keluarga yang kurang mampu atau yang berprestasi di bidang keagamaan, olahraga, science, serta seni dan budaya,” tuturnya.

Menurut Reni, beasiswa merupakan strategi untuk memutus mata rantai kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

“Kita beri semangat dan dukung anak-anak Surabaya terus berprestasi demi menggapai cita-cita setinggi-tingginya. Siapapun dengan keterbatasan ekonomi sesungguhnya mereka bisa lulus sarjana dengan bantuan biaya dari pemerintah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Reny turut memberi pesan serta motivasi kuat untuk senantiasa giat dan tekun dalam belajar.

“Anak-anak Surabaya, yang sekarang kelas 10-11-12, atau bahkan yang SMP, para orang tua mari terus dukung putra-putrinya yang tengah SMP atau SMA untuk meningkatkan semangat belajar mereka,” imbau dia.

“Utamanya yang sekarang kelas 12, itu disiapkan betul apakah lewat jalur seleksi SNBP atau SNBT. Jadi, makin banyak anak-anak surabaya yang diterima PTN maka bisa memanfaatkan beasiswa ini,” kata Reni.

Terlebih, sambung tokoh perempuan Kota Surabaya itu, bagi keluarga yang tidak mampu atau kesulitan biaya dapat memaksimalkan kesempatan dan peluang beasiswa kuliah tersebut.

“Siapa pun, selama mereka mau belajar, orang tuanya perhatian dan terus support doa maka anak-anak ini nanti kelak bisa menempuh pendidikan tinggi dan jika ada kendala biaya bisa memanfaatkan program dari Pemkot,” terangnya.

Melihat antusiasme, harapan, serta animo positif dari masyarakat secara langsung, Legislator Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu pun mendorong agar anggaran beasiswa pemuda tangguh dapat terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah saat bertemu anak-anak, bertemu orang tua, mereka sampaikan terima kasih atas adanya beasiswa ini. Bukti kalau itu sangatlah membantu anak-anak makin giat belajar dan meringankan orang tua menyekolahkan putra-putrinya,” bebernya.

“Harapannya Pemkot dapat meningkatkan anggaran beasiswa ini sebagaimana tahun lalu dan tahun ini ada kenaikan. Tentu kita juga perjuangkan melalui pembahasan-pembahasan di DPRD, baik di Komisi D maupun di badan anggaran supaya beasiswa ini ditingkatkan dananya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, kuota beasiswa kuliah tersedia untuk 3.180 mahasiswa dan meningkat pada tahun 2024 sebanyak 3.500 penerima manfaat.

Pihaknya menilai beasiswa ini menambah semangat dan harapan bagi anak-anak meraih impian mereka.

“Jadi sebenarnya, mau anaknya sekarang masih SMP ya juga dikasih semangat. Nah, ituloh nanti kamu kalo besar bisa tuh kuliah dapat beasiswa. Jadi mulai menyiapkan sejak jauh,” tambah dia.

Terkait informasi dan keterangan terkait pembukaan, alur pendaftaran, serta detail persyaratan beasiswa kuliah, pihaknya menyatakan akan segera memberi kabar lebih lanjut menyusul masa studi perkuliahan.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs