Sabtu, 20 April 2024

Ganjar Tegaskan Pemerintah Wajib Menjamin Kebebasan Beragama

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ganjar Pranowo disambut hangat masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (25/11/2023). Foto: Instagram @ganjar_pranowo

Ganjar Pranowo Calon Presiden (Capres) menegaskan, pemerintah harus menjaga kebebasan beragama serta pendirian rumah ibadah sesuai dengan konstitusi dan hak asasi manusia.

“Karena konstitusi kita menjamin mestinya negara melalui pemerintah harus bisa menjalankan itu,” kata Ganjar melalui keterangan tertulis, pada Sabtu (25/11/2023).

Adapun Pasal 28 E ayat (1) UUD 1945 menegaskan bahwa “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali”. Peran negara untuk itu juga dinyatakan pada Pasal 29 Ayat (2), yakni “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama”.

Menurutnya, persoalan-persoalan yang masih membutuhkan solusi bisa dikomunikasikan lewat forum kerukunan antar umat beragama (FKUB).

“Dan itu bisa dikomunikasikan dengan forum antar umat beragama. Sehingga dialognya semakin banyak dan rasa-rasanya menjalankan konstitusinya tidak akan sulit. Ya memang butuh saling tukar perasaan,” jelasnya.

Wujud nyata dari toleransi itu ditunjukkan Ganjar dan sejumlah tokoh agama di Toraja Utara, saat mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menjalankan salat zuhur di Kantor Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja.

“Tadi saya diberi sajadah dan kopiah saat mau salat di sana,” pungkas Ganjar.

Untuk diketahui, Ganjar Pranowo tengah bersafari di wilayah Tana Toraja, Toraja Utara dan Luwu. Selain warga, Ganjar menemui sejumlah tokoh agama setempat. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs