Sabtu, 4 Mei 2024

Cak Imin Tak Paham Saat Ditanya Gibran Soal SGIE

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 bertanya kepada Muhaimin Iskandar strategi menaikkan peringkat Indonesia di State of the Global Islamic Economy (SGIE).

“Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE,” tanya Gibran dalam debat perdana cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) malam.

“Terus terang SGIE itu saya nggak paham. SGIE itu apa?” respons Cak Imin, sapaannya.

Kemudian Cak Imin menyatakan bahwa ia belum pernah mendengat istilah itu sebelumnya.

Gibran pun menjelaskan bahwa SGIE erat hubungannya dengan ekonomi syariah. Dalam beberapa hal, ia menyebut Indonesia telah masuk sepuluh besar industri halal. Seperti di produk makanan, perawatan kulit, dan fesyen.

“Itu yang saya maksud, Gus. Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya, Gus,” ujar Gibran.

Setelah mendengarkan penjelasan Gibran, Cak Imin kemudian mengatakan, Indonesia dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, memiliki potensi tak hanya di ekonomi syariah saja, melainkan juga pariwisata dan perbankan syariah.

“Kita juga punya potensi menjadi pusat ekonomi syariah dunia,” ujar Muhaimin.

Selain itu, Muhaimin akan menyiapkan seluruh perangkat regulasi. Supaya tumbuh kembang seluruh industri halal, termasuk bagaimana membantu sertifikasi halal murah, bahkan gratis, bagi UMKM.

Sementara itu, debat perdana cawapres Pemilu 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi cawapres.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan. (saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs