Sabtu, 4 Mei 2024

Jaksa Agung Tegaskan Komitmen Netralitas Pada Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar - Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI yang membahas persiapan pengamanan dan penegakkan hukum Pemilu 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/11/2023). Foto : Antara

Sanitiar Burhanuddin Jaksa Agung RI menegaskan komitmen Korps Adhyaksa senantiasa menjunjung tinggi netralitas dalam Pemilu 2024.

“Kejaksaan akan terus menjunjung tinggi netralitas dalam mendukung, mensukseskan, penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024,” kata Burhanuddin dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI soal persiapan pengamanan dan penegakan hukum Pemilu 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/11/2023) dilansir Antara.

Sebab menurut Burhanudin, netralitas dalam perhelatan pesta demokrasi merupakan isu utama yang menjadi perhatian lembaganya.

“Netralitas ini justru isu utama sehingga kami serius dan bersungguh-sungguh dalam menerapkannya,” ujarnya.

Dia mengatakan komitmen Korps Adhyaksa dalam menjunjung netralitas tidak hanya ditujukan untuk kontestasi Pemilu 2024.

Jaksa Agung mengungkapkan kalau sebelumnya juga sudah pernah menerbitkan surat instruksi terkait dengan netralitas jajarannya untuk pilkada serentak pada tahun 2020.

“Kami telah menerbitkan Surat Jaksa Agung Nomor B009, 4 Juni 2020, perihal netralitas pegawai dan keluarga besar adhyaksa selama tahapan penyelenggaraan pilkada,” ujarnya.

Untuk itu, Burhanuddin menyebut selalu mengingatkan jajarannya di dalam setiap kesempatan agar senantiasa menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu.

“Kepada seluruh insan adhyaksa untuk menjaga netralitas dan tidak mencoreng muruah kejaksaan dengan berpihak pada kubu pasangan calon atau kelompok tertentu. Hal ini untuk menjamin terselenggara-nya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tutur dia. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs