Senin, 29 April 2024

Jalin Keakraban Dua Negara, Ketua DPR Thailand Secara Khusus Hadiri HUT ke-78 RI di KBRI Bangkok

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Wan Muhammad Noor Matha Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Thailand secara khusus menghadiri Resepsi Diplomatik KBRI Bangkok dalam rangka perayaan HUT ke-78 RI, di Hotel Grand Centara Bangkok, Thailand, Selasa (29/8/2023). Foto: KBRI Bangkok

Wan Muhammad Noor Matha Presiden Majelis Nasional dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Thailand secara khusus menghadiri Resepsi Diplomatik KBRI Bangkok dalam rangka perayaan HUT ke-78 RI, di Hotel Grand Centara Bangkok, Thailand, Selasa (29/8/2023).

Ketua DPR Thailand itu hadir untuk pertama kalinya dan didapuk sebagai tamu kehormatan dalam resepsi diplomatik yang dihadiri 800 tamu, termasuk sejumlah pejabat PBB dan pemerintah Kerajaan Thailand.

Hal lain yang membuat resepsi diplomatik kali ini khusus adalah kekentalan aspek pertukaran budaya antara generasi muda Indonesia dan Thailand, dimana Royal Thai Anthem dinyanyikan oleh Paduan Suara dari Pathumwan Demonstration School dan lagu Indonesia Raya dinyanyikan oleh Paduan Suara Sekolah Indonesia Bangkok.

Kedua lagu tersebut diiringi musik Angklung dan Kolintang yang dimainkan oleh siswa-siswi Sekolah Indonesia Bangkok.

Rachmat Budiman Duta Besar RI untuk Thailand dalam sambutannya menekankan mengatakan, hubungan baik antara Indonesia dan Thailand telah berlangsung sejak zaman kerajaan atau sebelum Indonesia merdeka.

“Termasuk tiga kali kunjungan Raja Rama V Thailand ke Jawa pada abad ke-19 dan abad ke-20, disusul kunjungan Raja Rama VII, Raja Rama IX dan Raja Rama X ketika masih putra mahkota,” kata Rachmad Budiman dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (30/8/2023).

Dia menjelaskan kunjungan-kunjungan tersebut juga diikuti pejabat tinggi Thailand ke Indonesia dan sebaliknya, yang menjadi bukti nyata baiknya hubungan kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, KBRI Bangkok juga mempromosikan berbagai tempat wisata menarik di Indonesia, salah satunya lewat pemutaran berbagai video promosi wonderful Indonesia.

Para tamu juga dimanjakan lidahnya dengan berbagai macam kuliner khas Nusantara seperti Soto Ayam, Nasi Padang, Daging Rendang, Sate Ayam, Sate Maranggi, Udang Balado, Nasi Goreng Telur, Bika Ambon, Pastel Ayam, Bakwan Jagung, Lumpia, Kroket Sayur, serta berbagai makanan ringan Indonesia lainnya.

Para tamu undangan juga menikmati alunan musik Gamelan Ayodya Swara binaan KBRI yang dimainkan secara langsung sejak tamu mulai memasuki tempat kegiatan dan ketika tamu mulai menikmati hidangan.

Tidak lupa Tari Ratoh Jaroe dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dinobatkan sebagai penampil utama pada kegiatan resepsi diplomatik tersebut yang mendapatkan perhatian khusus dari semua para pengunjung.(bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs