Senin, 17 Juni 2024

Jelang Debat Cawapres, Jokowi Tidak Memberikan Wejangan buat Gibran

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Desain surat suara Pilpres 2024. Foto: Antara/ KPU RI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Jumat (22/12/2023), akan menggelar Debat Pilpres 2024 kedua, di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Debat calon wakil presiden (cawapres) bertema ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), infrastruktur, serta perkotaan.

Nantinya, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD harus menjawab/merespons sejumlah pertanyaan, dan ada segmen untuk saling berinteraksi.

Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI mengatakan, format Debat Cawapres sama dengan Debat Capres yang berlangsung hari Selasa (12/12/2023).

Debat terbagi enam segmen, empat segmen di antaranya membuka ruang interaksi antarcawapres.

Segmen pertama, cawapres berkesempatan menyampaikan visi, misi dan program kerjanya. selanjutnya pendalaman visi, misi dan program kerja tiap cawapres.

Di segmen kedua sampai kelima, cawapres akan menjawab pertanyaan secara acak yang disiapkan 11 orang panelis. Pertanyaan dibacakan Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa selaku moderator.

Pendukung yang boleh berada di arena debat juga tetap dibatasi sebanyak 75 orang dari tiap pasangan capres-cawapres.

Mulai debat Pilpres 2024 kedua ini, KPU RI menyiapkan podium buat peserta. Para kandidat boleh membawa kertas dan alat tulis. Tapi, tidak diperkenankan membawa alat bantu elektronik pada waktu debat.

Terkait debat cawapres, Joko Widodo Presiden berharap debat malam hari ini berlangsung seru.

Dalam keterangannya, pagi hari ini, di Jakarta, Jokowi mengatakan tidak menyampaikan pesan khusus atau wejangan kepada Gibran putra sulungnya yang jadi cawapres.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mempersilakan Gibran menjalankan debat dengan cawapres lain yang sudah dijadwalkan KPU RI.

“Mau debat ya silakan debat. Nggak ada wejangan, biasa saja. Ketemu saja nggak pernah. Debat ya debat gitu saja,” ucapnya.

Sekadar informasi, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
29o
Kurs