Selasa, 27 Februari 2024

Jelang Debat KPU, TKN Prabowo-Gibran Kumpulkan Aktivis 98

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sejumlah aktivis 98 berkumpul di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Senin (11/12/2023), jelang Debat Capres yang diselenggarakan KPU RI. Foto: Farid Suara Surabaya

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, hari ini, Senin (11/12/2023), mengumpulkan sejumlah aktivis 98 menjelang debat resmi capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dijadwalkan besok, Selasa (12/12/2023).

Nusron Wahid Sekretaris TKN Prabowo-Gibran mengatakan, dikumpulkannya aktivis 98 berkaitan dengan tema dari debat pilpres perdana besok, yang salah satu topiknya adalah hak asasi manusia (HAM).

“Yang pertama adalah menyangkut topik masalah hukum, yang kedua adalah menyangkut hak asasi manusia, yang nomor 3 pencegahan dan pemberantasan korupsi, yang nomor 4 pemerintahan, yang nomor 5 penguatan demokrasi, yang nomor 6 penanganan disinformasi dan kerukunan warga,” ujarnya dalam jumpa pers di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2023).

Dalam jumpa pers tersebut, hadir sejumlah orang aktivis 98 pendukung Prabowo-Gibran, antara lain Budiman Sudjatmiko, Andi Arief, dan Agus Jabo.

Lalu, ada juga pegiat antikorupsi Irma Hutabarat, pegiat HAM Natalius Pigai, dan aktivis NGO Rachland Nashidik.

“Pasti akan muncul pertanyaan karena setiap 5 tahun sekali setiap Pak Prabowo ikut pilpres karena dikaitkan dengan masa lalu Pak Prabowo, hubungan masa lalu Pak Prabowo dengan Pak Budiman Sudjatmiko. Sebelah Budiman adalah Irma Hutabarat salah seorang aktivis penggiat antikorupsi dan salah satu pendiri ICW. Ada Andi Arief korban penculikan tahun itu, sama-sama Budiman sampingnya,” sambungnya.

Nusron menegaskan, masa lalu Prabowo yang selalu dikaitkan dengan isu HAM sudah terselesaikan dengan baik.

“Karena setiap momen debat apalagi isu domokratisasi, HAM, itu selalu dikaitkan dengan problem masa lalu yang sudah terkubur dengan baik, dan sudah selesai dengan baik terhadap berbagai tokoh, salah satunya Pak Prabowo,” tegasnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI siap menggelar debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Debat pertama dijadwalkan di Kantor KPU RI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Tema debat pertama capres-cawapres yaitu tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU menjadwalkan lima kali debat capres-cawapres, supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
24o
Kurs