Senin, 29 April 2024

Ketua MPR Ingatkan Peran Penting Kasad Jaga Netralitas saat Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jenderal TNI Maruli Simanjuntak ketika memberikan keterangan pers usai dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) di Istana Negara pada Rabu (29/11/2023). Foto: BPMI Setpres

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI mengingatkan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) tentang peran penting dalam menjaga netralitas TNI pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Pemilu 2024 menjadi tantangan tersendiri bagi Kasad. Selain memastikan Pemilu 2024 berjalan aman dan damai, KSAD memiliki peran penting untuk membantu Panglima TNI dalam menjaga netralitas para personel TNI, khususnya di lingkungan Angkatan Darat,” kata Bamsoet, sapaan karibnya dilansir Antara pada Kamis (30/11/2023).

Menurutnya, TNI sebagai institusi negara dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan bangsa dan negara harus berdiri di atas kepentingan nasional, bukan di atas kepentingan partai politik.

“Politik TNI adalah politik kenegaraan dan politik kebangsaan sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI,” sebutnya.

Bamsoet menjelaskan bahwa keterlibatan TNI juga sangat penting sebagai penjaga kedaulatan NKRI dalam menghadapi kelompok intoleran yang terkadang berujung pada gerakan terorisme.

Menurut ia, berbaurnya ancaman militer dan nonmiliter pada era modern seperti saat ini telah mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi maupun diantisipasi.

“Konsepsi mengenai keamanan nasional tidak lagi bersifat kasat mata dan konvensional, melainkan bersifat kompleks, multidimensional, serta berdimensi ideologis, antara lain berkembangnya sikap intoleransi dalam kehidupan beragama hingga tumbuhnya radikalisme dan terorisme,” tuturnya.

TNI AD, lanjut Bamsoet, juga harus siap menghadapi ancaman keamanan nontradisional yang menjadi fokus utama dalam dinamika geopolitik, seperti terorisme, perubahan iklim, dan perang siber.

Bamsoet pun mendukung pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kasad, yang dinilainya memiliki kualifikasi rekam jejak mumpuni untuk memimpin matra TNI AD, di antaranya pernah menjadi Komandan Paspampres (2018-2020), Panglima Kodam IX/Udayana (2020-2022), dan Panglima Kostrad (2022-2023). (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs