Selasa, 14 Mei 2024

KPU Sediakan Podium dan Satu Mikrofon untuk Debat Capres pada 7 Januari Nanti

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah ditetapkan KPU RI, Senin (13/11/2024) untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Grafis: suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali menyediakan podium dan satu mikrofon untuk pasangan calon dalam debat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berikutnya pada 7 Januari 2024.

“Pada saat rapat disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya memang seperti jangkar,” ujar August Mellaz anggota KPU RI dilansir Antara pada Kamis (28/12/2023) dini hari.

“Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja,” sambungnya.

Mellaz mengatakan satu mikrofon itu nantinya akan terpasang di podium. Hal itu diharapkan sebagai jangkar untuk membatasi ruang gerak pasangan calon.

“Kalau kami menyatakan itu pakai mik yang dipasang di podium,” kata Mellaz.

Sebab, penyediaan podium sejak awal sebagai batas ruang gerak dari peserta debat. Ia tak menampik keberadaan podium di atas panggung didesain untuk tujuan seperti itu.

“Tapi kenapa secara prinsip ada podium? Karena ruang geraknya memang terbatas. Eh bukan terbatas, tapi memang podium itu jangkarnya lah,” jelas dia.

Meski begitu, Mellaz melihat aksi cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka keluar dari podium saat debat menjadi salah satu evaluasi KPU. Dia pun berharap dalam debat berikutnya, pelaksanaan debat menjadi lebih baik lagi.

“Maksud saya ini bagian dari evaluasi. Evaluasi ya evaluasi, dan maksudnya evaluasi itu apa? Ya pasti dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas dari debat berikutnya,” tutup Mellaz. (ant/ath/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs