Minggu, 19 Mei 2024

Mahfud MD Resmi Jadi Bacawapres Pendamping Ganjar Pranowo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
PDIP dan partai pendukung saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Bacapres dan Bacawapres di kantor DPP PDIP, jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). Foto : Istimewa PDIP dan partai pendukung saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai Bacapres dan Bacawapres di kantor DPP PDIP, jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Mahfud MD Menko Polhukam resmi menjadi bakal calon wakil Presiden (Bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo Bacapres PDI Perjuangan.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP di kantor DPP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

“Saya dengan mantap telah mengambil keputusan. Kesemuanya saya tujukan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Karena itulah, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil Presiden yang dipilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD,” ujar Megawati.

Megawati mengaku telah mendapat masukan dari seluruh Ketua Umum Partai (pendukung) sebelum mengambil keputusan soal Bacawapres pendamping Ganjar Pranowo.

“Semuanya saya kontemplasikan siapa sosok yang tepat mendampingi pak Ganjar Pranowo,” jelasnya.

Megawati juga mempertimbangkan kredibilitas Mahfud MD sebelum memutuskan menjadi Bacawapres.

“Pak Mahfud ini pernah menjadi anggota legislatif (DPR RI), Yudikatif (Ketua MK), maupun Eksekutif (Menteri), sehingga pengalaman bernegaranya sangat lengkap,” kata dia.

Saat menyampaikan pengumuman ini, Megawati Soekarnoputri didampingi pimpinan partai pendukung, seperti Muhammad Mardiono Ketua Umum PPP, Hary Tanoesoedibjo Ketua Umum Perindo dan Oesman Sapta Odang Ketua Umum Partai Hanura.

Hadir juga Puan Maharani Ketua DPP PDI-P, dan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP).

Seusai pengumuman, Mahfud MD Bacawapres dan Ganjar Pranowo Bacapres diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato. Sesudah itu seluruh partai pendukung menyerahkan surat rekomendasi Capres dan Cawapres kepada Ganjar maupun Mahfud.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs