Minggu, 28 April 2024

Pemilih Pemula Jatim Capai 6 Juta, KPU Gencar Sosialisasi Pemilu ke Sekolah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Choirul Anam Ketua KPU Jatim waktu ditemui dalam hearing Pemilu 2024 di Hotel Alana, Surabaya, Rabu (13/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Menjelang kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, KPU Jawa Timur (Jatim) makin gencar sosialisasi ke sejumlah sekolah di kabupaten/kota se-Jatim untuk menggaet pemilih pemula.

Diketahui, pemilih pemula di Jatim yang berusia di rentang 17-26 tahun mencapai 6,3 juta orang, dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 31.402.838 pemilih. Artinya, 20,34 persen pemilih Jatim merupakan generasi Z.

Choirul Anam Ketua KPU Jatim menyebut, cara konvensional dan digital sudah dilakukan timnya untuk memberikan sosialisasi pemilu kepada pemilih pemula.

“Cara konvensional ya tentu kita rutin menugaskan kawan-kawan di kabupaten/kota melakukan sosialisasi mengisi materi Kurikulum P5 terkait demokrasi,” kata Choirul Anam, Rabu (13/9/2023).

Tidak hanya menyasar di lingkup pendidikan saja, KPU Jatim bakal membentuk relawan demokrasi untuk memberi sosialisasi kepada khalayak yang lebih luas.

Anam bilang, relawan demokrasi itu terdiri dari lima segmentasi. Yaitu segmen pemilih pemula, perempuan, agama, masyarakat kota dan disabilitas.

“Itu beberapa model konvensional sosialisasi kita,” imbuhnya.

Kemudian untuk menyasar netizen di lingkup digital, KPU Jatim telah melakukan optimalisasi informasi pemilu melalui media sosial.

“Kita juga sudah aktif instagram, twitter, tik-tok kita masuk. Sehingga harapannya seluruh segmen pemilih ini bisa mendapatkan informasi seputar Pemilu 2024,” tutur Anam.

Supaya lebih masif sosialisasi di ruang digital, KPU Jatim berencana mengajak kerjasama beberapa provider untuk mengirimkan pesan seputar pemilu kepada masyarakat.

“Jadi nanti imbauan terkait, misalkan cek data pemilih, imbauan terkait cek calon DPR RI, DPRD di wilayah anda, misalkan juga jangan lupa hadir di TPS. Itu sedang kita susun,” katanya. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs