Senin, 29 April 2024

Pengamat: Sosok Mahfud Md Berpotensi Raih Suara Pemilih Rasional

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mahfud Md Cawapres di Pilpres 2024. Foto: Instagram mohmahfudmd

Emrus Sihombing, pengamat politik, menilai rekam jejak dan pengalaman sosok Mahfud Md akan menjadi faktor untuk meraih suara pemilih rasional bagi Ganjar Pranowo-Mahfud Md pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

“Pak Mahfud mampu mendongkrak suara kalau pemilihnya adalah pemilih rasional mengedepankan rasionalitas, pemilih yang mengedepankan adu gagasan. Bukan pemilih yang sudah dimanipulasi. Pemilih kita sudah cerdas,” kata Emrus Sihombing dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Jumat (25/11/2023).

Menurut Emrus, pemilihan Mahfud sebagai cawapres adalah langkah untuk mengedepankan nilai-nilai luhur dalam berpolitik. Dia mengatakan tujuan berpolitik adalah menyampaikan gagasan dengan tetap menjunjung etika moral.

“Keputusan ini suatu keputusan yang tepat atas dasar integritas, profesionalitas, dan kapabilitas. Dan saya yakin bangsa ini akan jernih memilih,” ujar Emrus.

Emrus menilai, pengalaman Mahfud akan sangat terlihat saat debat capres-cawapres nanti. Menurut dia, masyarakat pasti masih ingat bagaimana Mahfud berdebat dengan anggota DPR soal dugaan korupsi di salah satu kementerian.

“Jadi sekali lagi Mahfud Md bisa dongkrak suara. Kalau dihitung survei, masih ada swing voters dan undecided voters. Mereka cenderung pemilih rasional. Mereka tidak memutuskan untuk memilih sekarang tapi mereka sudah punya pilihan,” kata dia

Emrus menilai sangat mungkin pasangan Ganjar-Mahfud bisa memenangkan Pilpres 2024 hanya dengan satu putaran. Namun, jika harus melaju ke putaran kedua, suara pasangan yang kalah pada putaran pertama kemungkinan besar beralih ke Ganjar-Mahfud.

“Yang manapun kalah, saya yakin akan memberikan suara dan dukungan kepada Ganjar-Mahfud di putaran kedua, atas alasan kedekatan politik dan psikologis politik,” ujar Emrus.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs