Minggu, 25 Februari 2024

Pulang ke Madura, Warga Sambut Meriah Mahfud MD di Suramadu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Mahfud MD cawapres mendapat sambutan meriah warga Madura, Sabtu (17/11/2023), di Jembatan Suramadu, Jawa Timur. Foto: istimewa

Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Sabtu (18/11/2023), pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur.

Itu kali pertama Mahfud melakukan kunjungan ke Madura setelah putera Pamekasan ini ditetapkan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Karena berstatus sebagai cawapares, bukan dalam rangka kunjungan kerja sebagai Menko Polhukam, kunjungannya dilakukan hari Sabtu, bukan pada hari kerja.

Sejak ditetapkan sebagai Cawapres tanggal 13 November lalu, kegiatan Mahfud sebagai kontestan Pemilu dilakukan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, ditambah cuti setiap hari Jumat.

Warga Madura menyambut Mahfud dengan meriah. Ribuan warga yang berasal dari berbagai kabupaten di Pulau Garam, dari mulai Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep, berkumpul di ujung Jembatan Suramadu Surabaya untuk menjemput Mahfud.

Warga yang sebagian besar anak muda, santri, pemuka agama, dan tokoh masyarakat seakan ingin menunjukkan mereka bersatu untuk menyambut kepulangan Mahfud ke tanah leluhurnya.

Ratusan anak muda dengan Sepeda Motor Vespa menyambut Mahfud di titik awal memasuki Madura yaitu di ujung Jembatan Suramadu, sekitar pukul 07.30. Mereka mengawalnya memasuki jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura.

Selain dari Komunitas Vespa, ada pula kapal nelayan di sisi jembatan, mengawal Mahfud. Di ujung jembatan di wilayah Madura, ribuan warga sudah berkumpul menyambut sembari meneriakkan yel-yel Ganjar Mahfud dan bershalawat.

Mahfud yang berada di mobil lantas menyapa para pendukungnya yang mengacungkan salam tiga jari. Mahfud pun membalasnya dengan mengacungkan jarinya dan meneriakkan salam demokrasi.

Agenda kunjungan Mahfud kali ini memang tergolong istimewa. Karena berlangsung sehari penuh.

Usai penjemputan di Jembatan Suramadu, Mahfud menghadiri acara Istigosah di Lapangan IKAMA, Morkepek, Bangkalan dan menuju Posko Pemenangan IKAMA untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pentolan dan tokoh Madura.

Setelah dari Bangkalan, Mahfud melakukan perjalanan menuju Pamekasan. Mahfud dan keluarga tidak lupa berziarah ke makam ayahandanya.

Usai berziarah, Mahfud akan menuju Pondok Pesantren Annuqayah untuk melakukan serangkaian kegiatan dan berlanjut ke Ponpes Al-Amin.

Agenda terakhir, Mahfud menuju ke Pendopo Kabupaten Sumenep untuk memenuhi undangan Istiqhosah Kebangsaan di GOR A. Yani Sumenep.

Warga yang menjemput dan mengawal Mahfud hingga agenda terakhir, berasal dari berbagai kelompok, antara lain Sahabat Mahfud Madura, Madura Asli (Madas), Ikatan Keluarga Madura (IKAMA), Yayasan Kerukunan Orang Madura (Yakorma), Basmala (Barisan Masyarakat Labang), Barisan Nasional Pemuda Madura (BNPM), serta sejumlah elemen simpul relawan lainnya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
26o
Kurs