Sabtu, 4 Mei 2024

Pengamat UI Nilai 3 Cawapres Punya Pandangan Sama Soal Pembangunan non-Jawa Sentris

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, Debat Cawapres Pemilu 2024. Grafis: suarasurabaya.net

Fithra Faisal pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) menilai dalam debat Pilpres kedua kemarin, ketiga calon wakil presiden (Cawapres) punya pandangan sama dalam pembangunan Indonesia tak lagi di Pulau Jawa.

“Sebenarnya, dalam konteks tata kota, ketiganya memiliki pandangan yang sama, karena ingin pembangunan di Indonesia keluar dari Jawa-sentris. Jadi, pembangunan Indonesia bukan hanya di Jawa,” kata Fithra, Sabtu (23/12/2023) seperti dikutip Antara.

Meski demikian, menurut Fithra, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD memiliki strategi berbeda dengan Muhaimin Iskandar yang ingin membangun 40 kota baru dengan kualitas pembangunan setingkat dengan Jakarta.

Menurutnya, baik Gibran maupun Mahfud MD lebih banyak bercerita tentang prioritas pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Fithra lantas menyoroti kucuran dana APBN pada proyek yang berada di Kalimantan Timur itu. Dia menilai porsi APBN harus diminimalkan.

“Memang ke depan porsi APBN harus dibuat minimal, karena bagaimana pun IKN ini kan meskipun prioritas, tetapi kalau bicara prioritas, APBN kan punya banyak prioritas lain, seperti pengentasan kemiskinan, pengurangan prevalensi sunting, penyerapan tenaga kerja dan lainnya,” paparnya.

Dia pun sepakat IKN mampu menjadi simbol pemerataan serta menjadi fokus pembangunan di luar pulau Jawa. “Tapi di sisi lain, saya juga mengamini yang disampaikan Cak Imin bahwa IKN bukan satu-satunya cara,” ujarnya.

Sebagai informasi, debat kedua untuk cawapres Pemilu 2024, Jumat (22/12/2023) malam, mengangkat tema meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

KPU sendiri menetapkan tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Rangkaian debat Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.(ant/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs