Minggu, 28 April 2024

Polisi Terjunkan Dua Ribu Lebih Personel Amankan Debat Capres 2024

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: Antara/Polres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: Antara/Polres Metro Jakarta Pusat

Polisi menerjunkan 2.120 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Calon Presiden (Capres) 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat mulai pukul 19.00 WIB.

“Jumlah personel gabungan yang akan melakukan pengamanan pelaksanaan debat perdana Capres 2024 berjumlah 2.120 personel. Pengamanan gabungan ini terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait,” kata Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023), seperti dilaporkan Antara.

Susatyo menyebut, pihaknya melakukan pemetaan untuk pengamanan dan penempatan anggota di ring satu hingga kegiatan di ring luar KPU.

KPU juga sudah membuat tata tertib bagi para pendukung pasangan calon (paslon), di antaranya jumlah pendukung dibatasi, hanya undangan yang bisa masuk dan tidak boleh membawa alat peraga kampanye kecuali pakaian yang melekat di tubuh.

“Untuk jumlah dari pendukung paslon juga sudah dibatasi, sekian orang dan tata tertib sudah diatur KPU. Kita tinggal melaksanakan teknis pengamanan. Kami akan jaga dan kawal sepenuhnya,” ujar Susatyo.

Kemudian, jalan-jalan di sekitar lokasi debat atau di depan KPU juga akan dilakukan sterilisasi atau rekayasa jalan mulai pukul 16.00 WIB sehingga arus lalu lintas di lokasi acara diharapkan lancar seperti kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

“Kegiatan debat ini salah satu dari tahapan Pemilu 2024, sehingga harus kami amankan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Dalam pelaksanaan pengamanan, kami tekankan kepada seluruh anggota agar dilaksanakan dengan humanis,” jelas Susatyo.

Lebih lanjut, Susatyo mengimbau kepada warga masyarakat yang akan melintas di sekitar KPU RI pada Selasa sore ini untuk mencari jalan alternatif lain, karena akan ada rekayasa lalu lintas di kawasan itu.

Simpatisan dan para pendukung paslon yang akan mengikuti prosesi debat calon presiden juga diimbau untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs