Minggu, 25 Februari 2024

Polri Terbitkan SKCK untuk Ganjar, Anies, Prabowo, dan Gus Imin

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Brigjen Pol Ahmad Ramadhan Karopenmas Polri. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerbitkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk tiga Bacapres dan satu Bacawapres.

SKCK itu, masing-masing untuk Ganjar Pranowo, Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto ketiganya Bacapres dan Abdul Muhaimin Iskandar Bacawapres.

Demikian disampaikan Brigjen Pol Ahmad Ramadhan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat (Divhumas) Polri saat dikonfirmasi, Senin (25/9/2023).

Menurut Ramadhan, SKCK tersebut diterbitkan oleh Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri untuk keperluan pendaftaran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

“Jadi, Baintelkam Polri sudah menerbitkan empat SKCK bacapres dan bacawapres,” ujar Ramadhan.

” SKCK untuk Bapak Ganjar Pranowo, Bapak Prabowo, Bapak Muhaimin, Bapak Anies Baswedan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar adalah Bacapres dan Bacawapres yang diusung oleh koalisi Partai NasDem, PKB dan PKS.

Prabowo Subianto adalah bacapres yang diusung oleh Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora Indonesia, dan Partai Garuda.

Sedang Ganjar Pranowo adalah Bacapres yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura, Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

SKCK merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Polri sebagai bukti bahwa orang yang bersangkutan berkelakuan baik atau tidak pernah melakukan tindak kriminal.

KPU mewajibkan bakal caleg maupun bakal capres-cawapres menyerahkan SKCK sebagai syarat peserta pemilu.

KPU telah menjadwalkan pendaftaran bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden pada 19 Oktober sampai 25 November 2023.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
28o
Kurs