Minggu, 3 Maret 2024

SBY Sebut Langkah Nasdem dan Anies “Really Ugly

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Susilo Bambang Yudhoyono pada saat sedang sidang majelis tinggi Partai Demokrat. Foto: tangkapan layar youtube demokrat

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menyebut langkah Partai NasDem dan Anies Baswedan kepada Koalisi Perubahan untuk Persatuan adalah sangat kasar dan tidak patut, terutama dalam kaidah moral dan etika politik.

SBY mengaku memahami bahwa dunia politik memang penuh strategi, taktik, dan siasat. Namun, selama pengalamannya dua kali bertarung pada pemilihan presiden (pilpres), dia tidak pernah menemukan sikap kasar seperti yang dilakukan Partai NasDem dan Anies.

“Saya mengerti, kita semua mengerti, politik itu memang penuh siasat, penuh taktik, tetapi saya tidak menyangka kalau tindakan itu sejauh ini, menurut saya, melebihi batas kepatutan moral dan etika dalam politik. Ya, kasar, kalau bisa menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris it is really ugly,” kata SBY di Bogor, Jumat (1/9/2023) seperti dilaporkan Antara.

Oleh karena itu, dia pun mengingatkan para pengurus Partai Demokrat agar tidak menempuh cara-cara yang tidak patut, tidak sesuai etika, dan tidak bermoral dalam berpolitik.

SBY juga mengungkapkan percakapannya dengan sejumlah rekan-rekan terdekatnya yang sempat mempertanyakan keputusan Partai Demokrat bergabung dengan Koalisi Perubahan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024.

“Sebenarnya, beberapa teman sudah mengingatkan saya agak lama, baik dari kalangan kader Demokrat maupun dari luar Demokrat. Dengan prasangka yang baik, saya percaya kepada mereka. Silakan saja dilihat nanti, yang penting saya sudah mengingatkan,” ujar SBY.

SBY juga menyebut bahwa ada banyak orang yang mengingatkan dirinya untuk mempertimbangkan kembali keputusan Partai Demokrat untuk ikut mendukung Anies dan bergabung dalam Koalisi Perubahan.

“Anggaplah kami salah kali ini, tetapi kami belajar. Mudah-mudahan kami tidak salah lagi ke depan dan mudah-mudahan dengan izin Allah dan ikhtiar kami, kami juga tidak kalah nantinya,” imbuhnya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs