Sabtu, 2 Maret 2024

Sebanyak 10 Orang Terjaring OTT KPK Terkait Dugaan Suap Pengadaan Alat di Basarnas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, penindakan hukum terhadap oknum pejabat Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) terkait dugaan suap pengadaan peralatan tahun anggaran 2023.

“Betul, terkait dugaan korupsi suap menyuap pengadaan peralatan pendeteksi korban reruntuhan tahun anggaran 2023 di Basarnas RI,” kata Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK dilansir Antara , Rabu (26/7/2023).

Ali menyebut ada 10 orang yang terjerat operasi tangkap tangan di daerah Cilangkap, Jakarta Timur, dan Jatisampurna, Bekasi, hari Selasa siang kemarin. Salah seorang yang terjaring diketahui oknum pejabat di Basarnas.

“Betul, kami konfirmasi ada satu pejabat di Basarnas RI,” tuturnya.

Sebanyak 10 orang tersebut sekarang masih diperiksa Tim Penyidik KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Juru bicara berlatar belakang jaksa itu menambahkan, lembaga antikorupsi hari ini segera menyampaikan hasil gelar perkara terkait operasi tangkap tangan tersebut.

“Sesuai ketentuan 1×24 jam, maka siang ini kami lakukan gelar perkara untuk menentukan hasil dari seluruh kegiatan tangkap tangan dimaksud. Kesimpulan dari proses tersebut akan kami sampaikan kepada masyarakat dan teman-teman,” tuturnya.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, Penyidik KPK menyita sejumlah uang tunai sebagai barang bukti. Penyidik masih menyelidiki keterkaitan uang tunai tersebut dengan kasus yang sedang disidik lembaga antikorupsi

“Uangnya masih dihitung ya, dan dikonfirmasi kepada para pihak yang ditangkap untuk memastikan apakah ada kaitan langsung dengan perkara yang sedang kami lakukan proses penyelidikannya ini. Nanti kami akan sampaikan pada proses berikutnya, setelah selesai pasti kami umumkan kepada masyarakat,” tandasnya. (ant/bnt/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs