Jumat, 19 April 2024

Survei SRS: Elektabilitas Gerinda Membayangi PKB dan PDIP di Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Survei SRS waktu merilis hasil elektabilitas partai politik di Jawa Timur lewat zoom, Selasa (15/8/2023). Foto: SRS

Menurut hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) elektabilitas Partai Gerindra terus membayangi elektabilitas PDI Perjuangan dan PKB di urutan teratas. Bahkan elektabilitas Gerindra memiliki potensi untuk menggusur kedua partai tersebut di peringkat satu dan dua.

“PDIP teratas, disusul PKB, dan Gerindra membayangi di peringkat ke-3,” kata Edwin Abdul Direktur Riset SRS, Selasa (15/8/2023).

Dalam survei SRS, pertarungan tiga partai tersebut diprediksi berlangsung sengit di wilayah Jawa Timur. Prediksi itu terlihat dari angka elektabilitas dengan selisih tipis. Yang mana elektabilitas PDIP di angka 21,8 persen, PKB 18,5 persen, dan Gerindra 16,7 persen.

“Di luar tiga partai itu, elektabilitas partai lainnya di bawah 10 persen,” jelas Erwin.

Edwin menyebut partai yang mengalami tren peningkatan paling besar adalah Gerindra. Partai yang dipimpin Prabowo Subianto ini berpotensi menyalip PDIP dan PKB di Jatim.

Perkembangan elektabilitas Gerindra di Jatim sangat berpotensi mengusik PKB dan PDIP di urutan atas. Kata Edwin dalam Pemilu 2019 silam, Gerindra hanya memiliki elektabilitas 11,2 persen. Namun hari ini sudah mencapai 16,7 persen.

“Banyaknya kader-kader dari representasi Nahdliyin seperti Anwar Sadad di Gerindra ini membuat partai tersebut diminati ceruk-ceruk pemilih NU,” jelasnya.

Meskipun faktor utama Gerindra meningkat di Jatim karena efek elektoral Prabowo yang terus naik di Bumi Majapahit. Menurut Edwin, partai besutan Menteri Pertahanan ini sudah masuk partai papan atas di wilayah Jatim.

Edwin menyebut selisih antara PDIP, PKB, dan Gerindra dalam batas margin of error. Sehingga memungkinkan terjadinya pergeseran posisi.

“Masih dalam batas margin of error, dan berpotensi berganti posisi antar partai 3 besar,” tuturnya.

Sebagai informasi, survei SRS dilakukan pada 2-11 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota Jatim dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang.

Metode penarikan sample dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden yang dipilih terdiri 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan quality control secara random 20 persen. SRS adalah anggota Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI).

Berikut elektabilitas partai politik di Jatim versi SRS:

1. PDIP 21,8 persen
2. PKB 18,5 persen
3. Partai Gerindra 16,7 persen
4. Partai Demokrat 7,9 persen
5. Partai Golkar 7,4 persen
6. Partai NasDem 6,5 persen
7. PKS 3,9 persen
8. PPP 3,8 persen
9. PAN 3,2 persen
10. Partai Perindo 3,1 persen
Partai-partai lainnya 3,1 persen
Tidak Tahu/tidak menjawab 4,1 persen.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs