Minggu, 28 April 2024

Akademisi Unair: Khofifah Sosok Dibalik Suksesnya Prabowo-Gibran Dulang 65 Persen Suara di Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Dewan Pengarah TKN didampingi Emil Elestianto Dardak juru bicara Gibran Rakabuming Raka cawapres 02 waktu sambutan di Kantor TKD Jatim, Rabu (14/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net Khofifah Indar Parawansa Dewan Pengarah TKN didampingi Emil Elestianto Dardak juru bicara Gibran Rakabuming Raka cawapres 02 waktu sambutan di Kantor TKD Jatim, Rabu (14/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Fahrul Muzakki Akademisi Universitas Airlangga (Unair) menyebut kehadiran Khofifah Indar Parawansa sebagai Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran sebagai faktor kubu 02 itu sukses mendulang 65 persen suara di Jatim, menurut hasil rekapitulasi quick count.

Ia menyebut prosentase suara yang didapat 02 ini persis dengan dukungan Khofifah kepada Joko Widodo Presiden pada lima tahun lalu. Yang mana, pada tahun 2019 Jokowi menang di Jatim dengan 65,7 persen.

“Pada dasarnya masyarakat Jatim paham bahwa secara de facto komandan pemenangan Prabowo-Gibran di Jatim adalah Khofifah. Hal ini terlihat dari trend elektoral yang meningkat,” ujar Fahrul, Kamis (15/2/2024).

Sementara itu menanggapi kemenangan Prabowo-Gibran versi quick count di Jatim, Khofifah menyampaikan bahwa saat ini yang lebih penting adalah menjaga kedamaian dan kerukunan.

Menurut Khofifah, Pemilu 2024 telah berlangsung dengan aman dan damai. Sehingga patut diyakini pemilu kali ini menunjukkan tingkat kedewasaan rakyat Jatim dan Indonesia dalam politik.

Mantan Gubernur Jatim itu juga meminta kepada relawan dan seluruh tokoh, kiai, dan masyarakat Jatim untuk tetap menjaga kedamaian dan kerukunan.

“Ada lima key word yang kami selalu dengungkan dan ajak masyarakat Jatim, yakni damai, aman, kondusif, guyub dan rukun,” ujarnya.

Sebagai informasi, hasil quick count sementara dari lembaga survei Indikator di Jatim: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 17,23 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 65,12 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 17,65 persen dengan Suara masuk: 95,77 persen.

Sedangkan LSI Denny JA: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 17,58 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 64,93 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 17,49 persen dengan Suara masuk: 95,79 persen. (wld/azw/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs