Sabtu, 24 Februari 2024

KPU Surabaya Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Kecamatan, Target Tuntas Maksimal 10 Februari

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Petugas KPPS memeriksa kelengkapan logistik Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat. Foto: Dok/ Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mulai melakukan distribusi logistik Pemilu ke Kecamatan di Surabaya, pada Jumat (2/1/2024).

“Setelah kita berkoordinasi panjang dengan berbagai pihak, maka kami Surabaya mendistribusikan logistik pemungutan suara ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” kata Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya.

Syamsi mengatakan, distribusi logistik Pemilu ke Kecamatan yang dimulai hari ini, rencananya akan dituntaskan maksimal hingga tanggal 10 Februari mendatang.

“Tapi mudah-mudahan pelaksanaannya jauh lebih cepat. Mohon doanya semua bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Dalam pendistribusian logistik Pemilu itu, dilakukan menggunakan truk yang dikawal oleh tim kepolisian dan pihak-pihak terkait seperti Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dan PPK.

“Sehingga seluruh pihak yang memang harus melakukan tugas-tugas pendistribusian sudah kami libatkan, bahkan tadi melalui teman-teman Polsek di masing-masing kecamatan masing-masing melakukan proses penjemputan dan pengawal.

Sementara itu, Nafila Astri Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi mengatakan bahwa saat ini di gudang logistik masih berlangsung proses packing dan penyelesaian akhir.

“Pelipatan sudah selesai, ini tinggal packing saja, memasukkan lembar suara dan logistik lainnya ke dalam kotak,” katanya.

Dalam proses kerjanya, lanjut dia, ada filter atau penanda tertentu untuk memastikan tidak adanya kesalahan.

“Jadi petugas di sini juga sudah diinformasikan untuk jeli dalam memasukkan surat suara peserta pemilu ke dalam kotak,” sebutnya.

Seperti diketahui, untuk hari ini distribusi logistik Pemilu dilakukan ke tiga Kecamatan, yakni Lakarsantri, Wiyung dan Karangpilang. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs