Selasa, 14 Mei 2024

Debat Capres 2024 Harus Tanpa Gimik dan Singkatan Teknis

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tangkap layar ketika capres 2024 saat debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Tangkap layar ketika capres 2024 saat debat capres di Kantor KPU di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Athiqah Nur Alami Kepala Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengimbau para calon presiden (Capres) masing-masing Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo tidak menggunakan gimik dan singkatan teknis saat mengikuti debat ke-3 Capres.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akan menyelenggarakan Debat Ke-3 Capres 2024 pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan, Jakarta. Debat yang akan diikuti tiga calon presiden (Capres) mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Geopolitik, Globalisasi, dan Politik Luar Negeri.

“Jangan pakai singkatan-singkatan, karena ini debat level nasional. Jangan pakai akronim yang tidak dipahami. Kurangi gimik,” kata Athiqah di Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Dikatakan, pada debat Pemilihan Presiden, para capres mestinya menggali gagasan, bukan menanyakan hal-hal teknis. Meksipun, ujarnya, jika terpilih menjadi presiden implementasi gagasan itu belum tentu mudah di lapangan.

Lebih lanjut Athiqah menjelaskan, untuk pertanyaan debat relatif terkendali karena disusun oleh para panelis. Hanya saja, yang tidak bisa dikendalikan adalah pertanyaan pada sesi para capres saling bertanya.

Berdasarkan pelaksanaan debat pertama dan kedua Pilpres 2024, ujarnya, ada pertanyaan yang tidak sesuai dengan tema.

“Hindari silly question, ini momen adu gagasan, adu ide. Para capres juga sebaiknya menjawab pertanyaan dengan lugas, jawaban tidak ke mana-mana,” tukas Athiqah.

Dia juga menyinggung keberadaan panelis yang seharusnya diberi kesempatan untuk merespons jawaban para capres. Tidak hanya membuat pertanyaan, mengingat umumnya para panelis memiliki latar belakang akademis yang mumpuni.

“Harusnya ada ada dialog dengan panelis, semacam klarifikasi atas jawaban para capres,” tambahnya.

KPU menerapkan aturan dan durasi Debat Ketiga Capres masih sama seperti sebelumnya, yaitu berlangsung selama 120 menit ditambah jeda iklan selama 30 menit dan dibagi menjadi enam segmen.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh Ganjar Pranowo capres nomor urut 3 dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

Podium untuk peserta debat tetap disediakan. Capres ataupun Cawapres yang ikut debat hanya boleh membawa kertas dan bolpoin atau alat tulis sebagai alat bantu. KPU juga telah menetapkan 11 panelis untuk menyusun pertanyaan. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
28o
Kurs