Sabtu, 4 Mei 2024

Jelang Debat Capres, Aparat Keamanan Memperketat Penjagaan di Area Istora Senayan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aparat keamanan gabungan Polri, TNI dan Pemprov DKI Jakarta menjaga ketat Istora Senayan, Jakarta, tempat berlangsungnya Debat Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024). Foto: Farid Suara Surabaya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (7/1/2024), menggelar Debat Pilpres 2024 ketiga, dari lima kali debat yang sudah dijadwalkan.

Debat ketiga dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik, bertempat di Istora Senayan, Jakarta.

Pantauan suarasurabaya.net, di lokasi acara, jurnalis dari berbagai media massa sudah berdatangan dan berkumpul di media center yang disediakan khusus untuk acara Debat Pilpres.

Berbeda dengan debat sebelumnya di Jakarta Convention Center, kali ini massa pendukung setiap pasangan capres yang tidak punya undangan dilarang mendekat ke area debat.

Sedangkan yang punya undangan dibatasi 75 orang setiap pendukung pasangan capres.

Sementara itu, ribuan aparat keamanan gabungan dari Polri, TNI, Pemda DKI serta instansi terkait sudah bersiaga di sekitaran lokasi Debat Pilpres 2024.

Setiap orang yang mau masuk area wajib menunjukkan kartu peliputan atau undangan resmi dari KPU RI.

Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri mengatakan, ada sebanyak 3.041 personel gabungan yang mengamankan Debat Capres.

Terdiri dari 2.877 personel Polri, 120 personel TNI AD, 94 personel pengamanan dari Pemda DKI Jakarta termasuk personel Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, dan Mobil Derek.

Sampai sekarang, belum ada capres dan cawapres yang hadir di Istora Senayan. Baru terlihat Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan, dan Muhammad Syaugi Kapten Timnas Anies-Muhaimin.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar rencananya berangkat dari Rumah Joglo di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kemudian, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berangkat bersama dari Kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sedangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menuju lokasi debat dari Markas Tim Pemenangan Nasional di kawasan Jakarta Pusat.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs