Senin, 29 April 2024

Malam Ini, Tiga Capres akan Kembali Adu Gagasan dalam Debat Pilpres 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (7/1/2024), menggelar Debat Pilpres 2024 ketiga, dari lima kali debat yang dijadwalkan.

Debat ketiga dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik, bertempat di Istora Senayan, Jakarta.

Khusus untuk debat kali ini, Muhammad Syaugi Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan calon presiden nomor urut 1 mengatakan, ratusan purnawirawan jenderal TNI-Polri yang tergabung di kubunya sudah memberikan masukan.

Di antaranya, terkait materi pembangunan kekuatan TNI, problem Laut Cina Selatan, dan masalah anggaran pertahanan.

Menurutnya, para purnawirawan jenderal yang mendukung Anies-Muhaimin selalu punya perhatian pada isu-isu penting, terutama tentang pertahanan keamanan.

“Di barisan pendukung pasangan nomor 1 ini memiliki 125 jenderal dari bintang satu sampai bintang empat, dari darat laut udara polisi. Kami semua tentunya memberikan masukan hal-hal yang memang kita lihat saat ini,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Syaugi optimistis Anies mampu memformulasikan berbagai masukan, dan bisa menyampaikan gagasannya dengan baik pada momen debat.

Dari kubu Prabowo Subianto capres nomor urut 2, Arief Rosyid Hasan Komandan Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran untuk Pemilih Muda (TKN Fanta) bilang, Prabowo sangat siap menghadapi Debat Pilpres hari ini.

Arief menilai, Prabowo lebih menguasai isu pertahanan dibandingkan dua capres lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

“Karena, Prabowo sudah empat tahun menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju, dan memahami geopolitik serta isu-isu internasional. Kami yakin calon presiden nomor urut 2 mampu menjelaskan dengan detail dan terukur berbagai hal yang mengemuka dalam forum debat,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Chico Hakim Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyebut, Ganjar mempersiapkan debat ketiga pilpres dengan diskusi bersama sejumlah pakar.

Ganjar juga mendapat masukan dari Jenderal (Purn) Andika Perkasa mantan Panglima TNI, dan Andi Widjajanto Deputi Politik TPN Ganjar-Mahfud.

“Pak Ganjar juga sering berdiskusi dengan Mahfud MD yang sekarang masih menjabat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan,” katanya.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs