Senin, 6 Mei 2024

Debat Capres Kedua Digelar di Istora Senayan pada 7 Januari 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ketiga calon presiden (capres) selepas debat pertama di Kantor KPU di Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Instagram @Prabowo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan debat ketiga Pemilihan Umum (Pemilu), atau debat kedua calon presiden (capres) digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (7/1/2024) mendatang.

“Jadi, untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 bertempat di Istora Senayan,” kata August Mellaz anggota KPU RI dilansir Antara pada Rabu (3/1/2024) malam.

Terkait dengan tema debat, dia menyebutkan ada pengembangan dari empat tema menjadi enam tema sebab ada beberapa tema sebelumnya yang mendapatkan perluasan.

Keenam tema tersebut meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

“Kemarin ‘kan posisinya 4 tema, nah, pertahanan dan keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand dengan globalisasi, lalu geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan politik luar negeri,” jelasnya.

Untuk format debat, kata dia, tidak mengubah dari format debat capres sebelumnya.

Oleh karena itu, segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja yang dimulai lebih dahulu oleh capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan ditutup dengan penyampaian pernyataan kesimpulan oleh masing-masing capres pada segmen keenam.

“Perubahan itu akan terjadi karena venue saja. Lokasinya akan berbeda, tetapi sedapat mungkin layout dan sebagainya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan debat kedua di JCC (Jakarta Convention Center),” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan tetap menyediakan podium pada debat kedua capres tersebut. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs