Kamis, 13 Juni 2024

Jokowi Sebut Debat Ketiga Capres Saling Serang, Ganjar: Saya Tidak Menyerang Pribadi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat bertemu Gen Z dan Milenial beberapa waktu lalu. Foto: istimewa

Ganjar Pranowo Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 angkat bicara mengenai komentar Joko Widodo (Jokowi) Presiden yang menyebut Debat Ketiga Capres menjadi ajang saling menyerang personal dan bukan subtansi.

Capres berambut putih itu mengatakan, bahwa dalam Debat tidak sekali pun menyerang pribadi atau personal capres lainnya, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Kalau saya rasanya tidak pernah sekali pun menyerang Pak Prabowo dan Mas Anies secara pribadi. Itu enggak,” kata Ganjar, disela-sela kunjungannya ke Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Ganjar menegaskan, yang dikritisi adalah kebijakan pemerintah sesuai tema debat, yakni pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Selain itu, Ganjar mengatakan tetap konsisten menyampaikan visi-misi yag diusung pasangan capres nomor urut 3 terkait bidang pertahanan dan keamanan, juga hubungan internasional dan geopolitik agar diketahui masyarakat.

“Semua kebijakan kok. Semua yang saya sampaikan visi-misi, bagaimana diplomasi internasional kita, bagaimana kelembagaan kita, bagaimana fighting pada kondisi hari ini, bagaimana alat dari luar negeri kita pakai untuk kepentingan dalam negeri fokus pada ekonomi. Itu kan visi misi,” tutur Ganjar.

Dia menjelaskan, Capres-Cawapres Nomor Urut 2 juga memiliki visi menciptakan lapangan kerja lewat hubungan internasional, sehingga diplomasinya akan mengarah ke sana.

Untuk pertahanan, semua harus mendapat perhatian, khususnya untuk pertahanan laut lewat dibentuknya Garda Samudera. Selain itu, alokasi anggaran pertahanan sebesar 1-2% dari APBN juga diusung paslon Nomor Urut 2.

“Bagaimana anggaran 1 sampai 2% dari PDB itu adalah target yang mau kita capai untuk anggranpertahanan, lho itu visi saya, gitu lho, jadi saya sampaikan karena saya ingin mengedukasi,” ungkap Ganjar.

Saat ditanya mengenai komentar Jokowi, Ganjar mengatakan semuanya boleh menilai tentang hasil Debat Ketiga Capres yang berlangsung di Istora Senayan, pada Minggu (7/1/2024).

Yang pasti, apa yang disampaikannya dalam debat tersebut tidak keluar dari subtansi tema, dan sama sekali tidak menyerang personal.

“Jadi sebenarnya clear. Ya, semua boleh menilai, tapi seluruh masyarakat sudah mencatat, membandingkan dan kemudian bisa dibuktikan,” ujar Ganjar. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
26o
Kurs