Kamis, 13 Juni 2024

KPU Nilai Tindakan Elite PSI Hampiri Moderator Debat Saat Jeda Iklan Tak Tepat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua KPU RI di Kantor KPU RI. Foto: Antara

Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI menilai tindakan Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka selaku Wakil Ketua Dewan Pembina dan Sekretaris Jenderal PSI yang menghampiri moderator debat Pilpres saat jeda iklan, tidak tepat.

“Ya mestinya tidak tepat, artinya walaupun mungkin saling kenal di antara mereka, itu ‘kan bisa menimbulkan persepsi yang tidak tepat,” ujar Hasyim usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) malam.

Dilansir Antara, Hasyim mengatakan bahwa tindakan TKN ini bakal dijadikan bahan evaluasi oleh KPU, dalam rapat mendatang bersama tim pasangan calon.

Menurutnya, seharusnya pihak liaison officer (LO) tim pasangan calonlah yang melakukan tugas itu.

“Sebetulnya kesepakatan setelah debat pertama disepakati, katakanlah, untuk saling mengingatkan pendukung yang hadir di dalam ruang debat, disepakati masing-masing menyiapkan LO ‘kan, untuk katakanlah mengingatkan atau mengendalikan pendukung yang hadir langsung di studio,” jelasnya.

Pasalnya, tindakan Grace dan Isyana dikhawatirkan banyak melahirkan perspektif dari orang-orang yang melihat. LO pun telah disepakati bersama dalam rapat KPU dan tim pasangan calon, bahkan sejak debat perdana.

“Jadi, yang tepat sebetulnya dalam konteks mengingatkan itu melalui LO. Menurut saya (tindakan Grace dan Isyana) tidak tepat karena ‘kan ada LO-nya,” ujar Hasyim.

Sementara itu, Grace Natalie menjelaskan alasannya mendatangi moderator debat ketiga Pilpres 2024 karena ingin menanyakan aturan tentang sikap pendukung yang hadir di lokasi.

Pasalnya, ada salah satu pendukung yang mengacungkan jari tanda paslon yang didukung tiap kali capres bicara. Pendukung itu pun berada di belakang moderator sehingga terlihat langsung oleh capres yang sedang bicara.

“Pendukung salah satu paslon yang pakai jaket hijau syal merah putih mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi berkali kali pada saat ada paslon yang menjawab,” kata Grace lewat akun X @grace_nat, Senin.

KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres/cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Adapun KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 13 Juni 2024
26o
Kurs