Rabu, 1 Mei 2024

KPU Sidoarjo Temukan 3000 Surat Suara Rusak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Suasana penyortiran surat suara milik KPU Sidoarjo di Jalan Erlangga, Kecamatan Sidokare, Rabu (3/1/2024). Foto: Istimewa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menemukan 3.000 surat suara rusak saat akan sortir.

Mukhamad Iskak Ketua KPU Sidoarjo menyatakan kerusak itu ditemukan waktu timnya melakukan pelipatan surat suara DPD RI, DPR RI, serta DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Temuan surat suara rusak ada kurang lebih 3.000,” tutur Iskak waktu berada di Gudang Logistik KPU Sidoarjo, Jalan Erlangga, Sidokare, Rabu (3/1/2023).

Rusaknya ribuan surat suara itu karena adanya lubang, sobek, serta terkena bercal warna di beberapa bagian.

“Ada yang lubang, lubang juga tidak besar, kecil-kecil, dipastikan itu termasuk kategori surat suara rusak,” jelasnya.

KPU Sidoarjo telah melaporkan 3.000 kerusakan surat suara itu ke pihak perusahaan percetakan. Supaya segera mendapatkan surat suara pengganti.

“Pasti yang rusak akan kami lakukan pemusnahan. Tapi Nanti semua yang rusak kita kumpulkan, kalau ada surat suara sisa juga kami kumpulkan, semuanya akan kita musnahkan,” ucapnya.

Iskak menuturkan saat ini pihaknya tengah melakukan pelipatan surat suara DPD RI. Sedangkan, untuk DPR RI sudah diselesaikan dan telan melalui proses penyortiran.

“(Surat suara) DPRD Provinsi tinggal dua dus yang belum terlipat. Untuk presiden dan DPRD Kabupaten insyaallah mulai lusa,” ujarnya.

KPU Sidoarjo menargetkan, proses pelipatan sekaligus penyortiran itu ditargetkan bakal selesai satu Minggu ke depan. Selanjutnya, surat suara akan segera didistribusikan. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs