Rabu, 24 Juli 2024

Mahfud Pakai Hasil Pemberantasan Korupsi untuk Bayar Utang Petani Sebesar Rp 688 Miliar

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD Cawapres nomor urut 3 saat menghadiri perayaan hari ulang tahun ke-17 Partai Hanura di Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024) siang. Foto : istimewa

Mahfud MD Calon Wakil Presiden menawarkan solusi untuk meningkatkan sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat di wilayah Jawa Barat, khususnya Tasikmalaya dan sekitarnya.

Pasangan Ganjar Pranowo Calon Presiden itu berjanji melunasi hutang para petani saat menghadiri perayaan hari ulang tahun ke-17 Partai Hanura di Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024) siang.

“Program yang kedua kita berikan yaitu untuk para petani. Petani bangga bertani. Itu program kami. Saya juga punya catatan, di seluruh Indonesia ini petani punya hutang kepada negara karena diberi kredit lalu macet,” katanya.

Menurut perhitungannya, hutang seluruh petani yang ada di Indonesia dari program kredit pemerintah selama ini mencapai lebih dari Rp 688 miliar dan dia optimistis dapat melunasinya apabila Ganjar-Mahfud terpilih menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Untuk membayarkan semua hutang petani di Indonesia itu, Capres-Cawapres nomor urut tiga itu akan mengalokasikan dana hasil pemberantasan korupsi yang telah merugikan negara selama ini.

“Ada yang bertanya, uangnya dari mana pak? Gampang kalau itu. Korupsi kita itu triliunan. Kalau kita menghapus korupsi sampai Rp 10 triliun, misalnya, masak tidak bisa memberi Rp 688 miliar untuk para petani. Untuk subsidi pupuk dan sebagainya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD dikenal tegas dalam penegakan hukum di Indonesia selama menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi maupun Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Selain untuk program pertanian, hasil dari pemberantasan korupsi menurutnya juga bisa dialokasikan untuk membayar insentif bagi pengajar agama atau guru-guru mengaji di daerah-daerah, termasuk Tasikmalaya.

“Banyak guru mengaji di Tasikmalaya dan sekitarnya, banyak pesantren juga. Buat kiai-kiai, habib, kita juga menyampaikan kesejahteraan guru mengaji itu supaya juga mendapatkan perhatian. Kami sudah programkan,” tutur Mahfud.

Kedatangan Mahfud MD yang turut diusung Partai Hanura pada Pemilihan Presiden 2024 pada kegiatan kali ini mendapatkan respons positif dari masyarakat Tasikmalaya dan wilayah sekitarnya.

Antusiasme masyarakat menunjukkan dukungan terhadap pasangan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud untuk memenangkan Pilpres 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Masyarakat yang hadir mengungkapkan dukungannya melalui teriakan “menang!” ketika Mahfud berpidato di atas panggung dan menyampaikan program-program untuk memajukan negara Indonesia ke depannya.

“Pak Mahfud di sini disambut luar biasa. Dengan itu, kami berterima kasih kepada masyarakat Tasik ini yang saya tak menyangka sebegini banyaknya karena harusnya jam 11.00, jam 10.00 saja sudah begini,” ujar Oesman Sapta Odang Ketua Umum Partai Hanura.(faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs