Rabu, 29 Mei 2024

Pekan Terakhir Kampanye, Relawan Ganjar-Mahfud Cek Kesehatan Gratis di Bandung

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Peserta mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di Lapangan UNI, di Bandung, Rabu (7/2/2024). Foto : istimewa

Relawan KawanJuang Ganjar-Mahfud (GM) menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Kota Bandung. Acara tersebut berlangsung di lapangan UNI Jebreeet Media Arena, Jalan Baturaden Raya, Rancasari, Kota Bandung, Rabu, 7 Februari 2024.

Benny Kurniadi Koordinator KawanJuang GM mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut diikuti sekitar 200 peserta yang merupakan warga Kota Bandung.

Kegiatan bakti sosial tersebut bagian dari rangkaian kegiatan rutin kampanye Ganjar Pranowo-Mahfud MD pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden yang dilakukan Relawan KawanJuang GM di wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Ibu-ibu tampak mengantre untuk menukar kupon di meja pendaftaran. Setelahnya, mereka dipanggil duduk berbaris menunggu dipanggil panitia untuk menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan gratis mulai dari cek tekanan darah, kolesterol dan yang lainnya.

“Jadi ada tiga perawat yang melakukan pemeriksaan bersama dengan dua dokter dari Relawan KawanJuang GM ya karena pesertanya lumayan banyak mencapai 200 orang,” kata Benny.

Setelah proses pemeriksaan rampung, peserta dipersilakan menukar paket sembako murah dan hanya perlu membayar Rp5.000 saja per paket sembako berisi beras 2,5 kilogram dan minyak goreng kemasan 1 liter.

Benny mengatakan tujuan diadakannya pemeriksaan kesehatan gratis sebetulnya bukan ditekankan untuk mengobati keluhan warga melainkan lebih kepada adanya upaya edukasi kesehatan bagi masyarakat.

“Jadi kan lebih baik mencegah daripada mengobati, kita bareng-bareng dengan masyarakat Baturaden Kota Bandung melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dengan tujuan memberikan pemahaman tentang pola gaya hidup sehat dan lainnya,” katanya.

Elis Juju (49 tahun) salah satu peserta pemeriksaan kesehatan gratis mengatakan program kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi warga Kota Bandung, khususnya bagi dirinya. Warga Rancasawo, Kota Bandung tersebut mengaku puas dengan penjelasan dokter terkait keluhan yang dialaminya.

“Saya kan memang punya keluhan sakit kepala, setelah diperiksa enak ya penjelasan dokternya, dan obatnya juga bagus sama dengan yang biasa saya dapat ketika diperiksa ke klinik,” ucap Elis.

Entang (62 tahun) peserta lainnya mengatakan sebelum datang mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis Relawan KawanJuang GM, ia mengeluhkan sering sakit di bagian kaki dan kedua bahunya. Setelah diperiksa ternyata warga Bodogol, Kota Bandung tersebut mengidap kolesterol.

Entang mengaku sudah memutuskan pilihan capres-cawapres saat pencoblosan nanti. Ia mengatakan akan memilih Ganjar-Mahfud pasangan nomor urut tiga karena program yang diusung pasangan tersebut masuk akal dibanding dua pasangan lainnya.

“Yang pasti-pasti aja, mudah-mudahan pasangan baru ini Ganjar-Mahfud menang,” katanya.(faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
27o
Kurs