Selasa, 21 Mei 2024

Perludem Minta Pengawas Pemilu Sigap dalam Rekapitulasi Suara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Khoirunnisa Nur Agustyati Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengatakan, pengawas Pemilu harus sigap dalam proses rekapitulasi suara berjenjang pada Pemilu 2024.

“Pengawas pemilu penting untuk betul-betul bisa sigap kalau ada proses, misalnya ada suara yang ditukar, mereka sigap menyelesaikannya secara responsif karena itu yang ditunggu masyarakat,” kata Khoirunnisa dilansir Antara, Minggu (18/2/2024).

Menurutnya, tahapan rekapitulasi berjenjang ini ialah tahapan yang krusial karena pemilih tidak hadir dalam proses itu, sehingga pengawasan yang dilakukan terbatas.

“Kalau saat rekapitulasi, ‘kan, sudah mulai berjenjang. Saksi, peserta pemilu juga terbatas. Pemantau pemilu juga tidak bisa mengikuti semuanya. Jadi, memang proses rekapitulasi ini menjadi salah satu hal yang krusial karena di situlah suara bisa diperjualbelikan,” tegasnya.

Selain sigap, ia mengatakan pengawas pemilu harus transparan kepada publik mengenai proses rekapitulasi yang sudah dilakukan.

“Transparan kepada publik mengenai apa saja yang sudah mereka lakukan dalam proses rekapitulasi, karena tahapan ini krusial dan pemilunya juga belum selesai,” katanya.

Sementara itu, Pemilu 2024 ini meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sedangkan, dalam Pemilu 2024 saat ini, diikuti 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal. Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024. (ant/sya/saf)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs