Senin, 24 Juni 2024

Perludem Ingatkan Pemilu 2024 Bukan Semata Tentang Pilpres

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Khoirunnisa Nur Agustyati Direktur Eksekutif Perludem mengingatkan masyarakat agar tidak hanya fokus terhadap Pilpres semata. Foto: Antara

Khoirunnisa Nur Agustyati Direktur Eksekutif Pembina Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) meminta masyarakat tidak hanya fokus terhadap pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres).

Sebab menurut Ninis, sapaannya, pemilihan umum (Pemilu) 2024 juga digelar pemilihan calon anggota legislatif mulai dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota.

“Yang masih menjadi perhatian publik adalah soal pilpresnya, padahal Pemilu 2024 nanti bukan hanya soal pilpres,” kata Ninis dilansir Antara, Senin (1/1/2024).

Ninis menjelaskan, masyarakat perlu menyadari bahwa anggota legislatif yang dipilih memiliki peran krusial dalam mengawasi kebijakan pemerintah, mengusulkan undang-undang, dan mengawal jalannya pemerintahan.

Oleh karena itu, perhatian publik terhadap pemilu calon anggota legislatif seharusnya seimbang dengan perhatian terhadap pilpres.

“Publik perlu juga memberikan perhatian terhadap empat jenis pemilu lainnya (pemilihan anggota legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD),” ujarnya.

Sementara itu, pemungutan suara Pemilu 2024 dilakukan secara serentak untuk memilih calon anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024 mendatang. (ant/saf/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
25o
Kurs