Senin, 17 Juni 2024

Pertemuan Golkar dan Gerindra Jatim, Bahas Peluang Usung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pertemuan DPD Golkar dan Gerindra Jatim membahas peluang mengusung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya, Sabtu (25/5/2024). Foto: Istimewa

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jatim silaturahmi ke DPD Gerindra Jatim, Sabtu (25/5/2024) membahas peluang mengusung Bayu Airlngga di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024.

M. Sarmuji Ketua DPD Golkar Jatim mengatakan, menyambut baik antusiasme Gerindra yang ikut melirik nama Bayu Airlangga Wakil Ketua Golkar Jatim dan Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim untuk diusung di Pilwali Surabaya 2024.

“Ya kalau itu (Bayu) memungkinkan berdasarkan kajian masing-masing, ya kita jalan sama Gerindra. Ini politik dinamis, kita punya hitungan masing-masing dan kita pastikan kerja sama ini tidak ada yang dirugikan. Namanya kerja sama jelas saling menguatkan dan saling menguntungkan di mana itu terjadi pasti kita lakukan,” kata Sarmuji, Sabtu (25/5/2024).

Sementara Anwar Sadad Ketua DPD Gerindra Jatim juga merespons positif nama Bayu Airlangga yang masuk bursa Cawali Kota Surabaya dari Golkar.

Gus Sadad, sapaan akrabnya memastikan, dengan Sarmuji akan mendalami khusus peluang Bayu Airlangga diusung Gerindra dan Golkar.

“Surabaya sedang kita dalami nanti, datanya akan kami kasih lengkap kalau sudah saatnya,” timpal Sadad.

Sedangkan Pilkada lain di luar Surabaya, Gus Sadad menyambut baik tawaran kerja sama Golkar untuk mengusung calon sama.

“Kita ingin saling meng-endorse, saling mendukung, men-support. Kita punya tradisi yang sama dengan Golkar dan basis yang sama sehingga secara alami terbangun suatu kesamaan pandangan dimulai dari Pilpres 2024. Kita ingin berlanjut aura kemenangan Pilpres di provinsi kemudian di tingkat kabupaten, kota,” jelas Gus Sadad.

Saat ini, sambungnya, Gerindra dan Golkar masih mengkaji daerah-daerah yang bisa berpotensi untuk kerja sama membawa kemenangan Pilpres.

“Saat ini sedang kita kaji dengan Golkar daerah mana saja yang bisa sama-sama. Karena kita melakukan mekanisme di DPC dan menyerap suara PAC untuk dijadikan acuan dalam mengusulkan siapa yang paling direkomendasi sebagai calon kepala daerah,” tambah Gus Sadad.

Begitu juga Cahyo Harjo Prakoso Ketua DPC Gerindra Surabaya menyebut nama Bayu Airlangga mendapat respons positif dari masyarakat.

Dia juga menyebut baru saja bersilaturahmi dengan Soekarwo orang tua Bayu Airlangga.

“Ya kami tadi silaturahmi juga dengan Pakde Karwo dan di situ ada semangat sama, visi sama, ada suatu cita-cita yang sama, bahwa kita akan mendorong calon bersama-sama. Tapi bagaimana teknisnya kami DPC menunggu petunjuk DPP, DPD Gerindra Jatim serta parpol calon koalisi,” jelasnya.

“Tentu kita terbuka ke Bayu, karena ketika Bayu keluar namanya, tanggapan dari masyarakat, kelompok masyarakat cukup baik,” susul kalimatnya lagi.(lta/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs