Jumat, 12 Juli 2024

Rekapitulasi Tingkat Kota Surabaya Molor, KPU Minta Rekomendasi Tambahan 2 Hari ke Bawaslu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya waktu ditemui di sela rekapitulasi penghitungan suara pemilu, Rabu (28/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya waktu ditemui di sela rekapitulasi penghitungan suara pemilu, Rabu (28/2/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tingkat Kota Surabaya yang ditargetkan selesai hari ini, Selasa (5/3/2024), molor.

Nur Syamsi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyebut, akan meminta rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memperpanjang sampai Kamis (7/3/2024).

“Faktanya hari ini memang belum selesai, kita nanti minta rekomendasi ke Bawaslu untuk bisa dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kota,” ujar Syamsi, Selasa (5/3/2024).

Syamsi menyebut, hingga hari ini proses rekapitulasi tingkat kota di KPU Surabaya baru 20 dari seluruhnya 31 kecamatan.

Sisanya masih melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan termasuk pencermatan.

“Sudah 20 kecamatan, tinggal 11 kecamatan, dan InsyaAllah untuk hari ini, untuk semua kecamatan proses rekapitulasi, pencermatan sudah clear, mudah-mudahan besok sudah bisa setor semua (ke KPU Kota Surabaya,” ungkap dia.

Sementara molornya rekapitulasi di tingkat kecamatan, lanjutnya, ada beragam faktor, salah satunya perhitungan suara ulang.

“Karena memang proses rekapitulasi di kecamatan berjalan sebagaimana yang diatur dalam ketentuan, membuka pleno dan seterusnya memang terdapat beberapa kejadian misalnya hitung ulang, yang agak membuat lama itu hitung ulangnya itu,” jelas Syamsi lagi.

Sementara proses rekapitulasi tingkat kota berjalan lancar, hanya membutuhkan waktu satu hingga satu setengah jam per kecamatan.

“Kalau (rekapitulasi ) di kota gak ada masalah. Misalnya satu kecamatan satu sampai satu setengah jam selesai,” terang dia.

Syamsi memprediksi rekapitulasi di tingkat kota tuntas besok, Rabu (6/3/2024). Maksimal, rekapitulasi selesai Kamis (7/3/2024).

“Kami prediksikan, syukur besok sudah selesai tanggal 6. Akan kami tuntaskan tanggal 6 kalau gak bisa ya maksimal tanggal 7 sudah tuntas,” tandasnya. (lta/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 12 Juli 2024
27o
Kurs