Kamis, 16 Mei 2024

Website KPU RI Disebut Diserang Ratusan Juta Kali

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tampilan laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang beralamat di www.KPU.go.id tidak dapat diakses pada Rabu (14/2/2024). Foto: Tangkapan layar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan ratusan juta serangan Denial of Service (DoS) diarahkan ke situs webnya.

“Ada ratusan juta di DoS itu menyerang, saya tidak bilang puluhan, bukan satuan, tapi ratusan juta serangan ke situs web KPU. Luar biasa,” ujar Betty Epsilon Idroos anggota KPU RI dilansir Antara, Rabu (14/2/2024) malam.

Adapun DoS merupakan jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan pada aplikasi pada server, sistem, atau situs web.

Umumnya serangan ini dilakukan untuk membuat lalu lintas server berjalan dengan beban yang berat sampai tidak bisa lagi menampung koneksi dari user lain (overload).

Padahal, situs KPU memuat informasi dan data Pemilu 2024. Sementara hasil Pemilu ada di infopemilu.kpu.go.id.

“Hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang dan memang di situs web kpu.go.id ini lumayan serangan terhadap situs web tersebut,” tambahnya.

Menurut Betty, kondisi tersebut langsung ditangani oleh Satgas Keamanan Siber KPU. Ia menceritakan setelah menyalurkan hak suaranya di pagi hari, dirinya langsung memeriksa kendala itu.

“Alhamdulillah hari ini sekarang sudah mulai recovery untuk situs web kpu.go.id. Jadi, mudah-mudahan semuanya masih under control untuk diperbaiki oleh KPU,” tutur Betty. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs