Senin, 3 Juni 2024

Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno Terus Menuai Dukungan Relawan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gus Ipul menghadiri acara buka puasa dan pertemuan relawan Indonesia Link di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Jumat (25/5/2018). Foto: Istimewa

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua menuai dukungan dari berbagai relawan di Jawa Timur, Jumat (25/5/2018).

Di Mojokerto, Gus Ipul-Puti mendapatkan dukungan dari beberapa kelompok relawan. Di antaranya Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP), Gerakan Rakyat Jawa Timur (GRJ), dan relawan Ikatan Keluarga Madura (Ikamra).

Pada hari yang sama, Gus Ipul juga menghadiri pertemuan relawan Indonesia Link, barisan pendukung Joko Widodo Presiden, yang menyatakan dukungan untuknya, di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya.

Bambang Kisworo, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) JPKP Jatim mengatakan, relawan JPKP di Jawa Timur mendapatkan instruksi dari JPKP pusat agar merapat mendukung pemenangan Gus Ipul-Puti Guntur.

“Kami (JPKP) sudah terbentuk di 31 kabupaten dan kota di Jawa Timur, sehingga siap membantu langkah pemenangan ini,” katanya di sela deklarasi dukungan untuk Gus Ipul-Puti Guntur, di Mojokerto.

Gus Ipul, kata Bambang, sosok pemimpin yang tidak ambisius mengejar jabatan. Menjadi Wakil Gubernur Jatim selama dua periode juga menjadi pertimbangan JPKP untuk mendukung Gus Ipul.

Mat Mochtar Ketua GRJ yang hadir di acara yang sama mengatakan, keberhasilan Gus Ipul mendampingi Soekarwo Gubernur Jawa Timur selama dua periode patut dipuji.

“Kalau sudah ada yang mempersiapkan diri selama sepuluh tahun, masak tidak didukung? Beliau sebelumnya juga tidak memiliki konflik dengan Pakde Karwo,” ujarnya sebagaimana dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net.

Masing-masing kelompok yang menyatakan dukungan kepada Gus Ipul-Puti Guntur ini sudah memiliki memiliki relawan di daerah, baik terstruktur maupun tidak, tapi jumlahnya terus bertambah.

Sebagaimana diklaim oleh Ahmad Kusaeni Ketua Ikamra yang hadir dalam deklarasi dukungan di Mojokerto. Menurutnya, relawan Ikamra terus bertambah.

“Banyaknya relawan pendukung ini karena mereka melihat banyak Kiai yang dengan tulus berada di belakang Gus Ipul,” katanya.

Sementara di Surabaya, Henky Kurniadi Ketua Indonesia Link mengatakan, pertemuan itu tidak hanya membicarakan program, tapi sudah pada tingkat penyusunan strategi pemenangan.

“Kami optimistis program yang dibawa oleh Gus Ipul dan Mbak Puti adalah yang terbaik untuk Jawa Timur. Tinggal bagaimana kita mengenalkan ke masyarakat,” ujarnya.


Gus Ipul menghadiri buka puasa bersama dan deklarasi dukungan dari JPKP dan dua kelompok relawan lain di Mojokerto, Jumat (25/5/2018). Foto: Istimewa

Henky juga optimistis, organisasi yang dia pimpin bisa mengantarkan Gus Ipul menduduki jabatan Gubernur. Sama halnya, saat organisasi itu mendukung Jokowi pada pemilu 2014 silam.

“Kandidat yang didukung oleh Indonesia Link, Insya Allah menjadi pemimpin terpilih. Pak Jokowi saja bisa kita menangkan, kali ini giliran Gus Ipul,” kata Henry yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Banjir dukungan relawan ini membuat Gus Ipul semakin optimistis memenangkan Pilgub Jatim 2018. Dia melihat semangat persatuan di Jawa Timur berada di belakangnya.

“Mungkin banyak yang bertanya, beberapa partai di luar daerah sulit bergabung. Tapi di Jawa Timur berbeda. Inilah cermin semangat persatuan itu,” kata Gus Ipul.

Untuk menjaga persatuan ini, Gus Ipul bersama Mbak Puti mencanangkan program yang mengedepankan pemerataan pembangunan atau yang dikenal dengan konsep “Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur”.

“Pembangunan harus merata. Bukan hanya berpusat di tengah saja. Tapi juga di utara dan selatan. Harus sama. Barat dan timur juga harus merasakan kesejahteraan,” ujarnya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 3 Juni 2024
27o
Kurs