Minggu, 5 Mei 2024

Rekapitulasi Suara di 20 Kabupaten/Kota, Khofifah-Emil Unggul

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Suasana rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menggelar rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Acara berlangsung di Convention Hall Grand City, Surabaya, Sabtu (7/7/2018). Penghitungan suara dimulai pukul 09.00 WIB dan dijaga ketat oleh personel gabungan dari Polri dan TNI.

Hingga pukul 13.00 WIB, sudah ada 20 kabupaten atau kota yang sudah direkapitulasi. Hasil sementara, Khofifah-Emil pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jatim unggul dengan perolehan 51,74 persen suara. Sedangkan Saifullah Yusuf-Puti Guntur memperoleh 48,26 persen suara.

Berdasarkan pantauan di lokasi, rapat pleno ini dipimpin langsung oleh Eko Sasmito Ketua KPU Jatim bersama Komisoner KPU lainnya dan Bawaslu Jatim. Turut hadir dua saksi dari tiap-tiap pasangan Paslon, Bawaslu, perwakilan komisioner 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.


Hasil sementara rekapitulasi suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Pada awal rekapitulasi, sempat ada.interupsi dari Martin Hamonangan salah satu saksi dari paslon nomor dua. Dia meminta kepada pihak KPU untuk membacakan berita acara dari tim pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur.

Menanggapi hal itu, Renville Antonio yang merupakan saksi dari Khofifah-Emil menjelaskan bahwa permintaan saksi nomor dua itu tidak bisa dilakukan. Sebab tidak sesuai dengan Peraturan KPU. Renville pun meminta Komisioner KPU Jatim agar fokus pada pembacaan hasil rekapitulasi.

Menurutnya, berita acara itu sudah selesai di tingkat kabupaten dan dianggap bisa memperpanjang waktu rekapitulasi suara.

“Kami laksanakan seusai dengan aturan saja. Form keberatan itu sudah selesai di tingkat kabupaten/kota,” kata Renville.

Dimulai Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Gresik, Jember Jombang, Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.(ang/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs