Senin, 3 Juni 2024

Ribuan Warga NU Bojonegoro Sambut Gus Ipul dengan Salam Dua Jari

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gus Ipul disambut salam dua jari di Baureno, Bojonegoro, Jumat (4/5/2018). Foto: Istimewa

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Calon gubernur Jawa Timur nomor urut dua mendapat dukungan dari ribuan warga NU se-Kabupaten Bojonegoro di tiga titik acara.

Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) di kantor MWC NU Baureno dalam acara Harlah NU ke 92 mendukung Gus Ipul. Baik warga NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, IPNU, IPPNU dan Pagar Nusa berkumpul dan kompak mengacungkan dua jari.

Dari Baureno, Gus Ipul lanjut menemui ribuan warga NU di Glagahwangi, Sugihwaras. Di tempat ini, tenda panjang yang disediakan panitia penuh sesak oleh warga NU.

Di lokasi itu, Gus Ipul juga mendapat sambutan acungan dua jari. Satu per satu warga dia salami dan sesekali berswafoto. Puluhan ulama, kiai dan bu nyai juga menyambut dan mendoakan Gus Ipul.

“Di hari lahir NU ini, kita semua harus mengingat bagaimana organisasi ini dibentuk. NU didirikan para ulama. Sebagai umatnya kita harus nurut perintah ulama dan kiai,” kata Gus Ipul.

Dimulai pada 1918 dengan berdirinya Taswirul Afkar atau dikenal dengan Nahdlatul Fikri (Kebangkitan Pemikiran), NU didirikan dan dimulai sebagai wahana pendidikan sosial dan keagamaan kaum santri.

Artinya, para pendiri NU mendirikan organisasi ini dimulai dari proses diskusi keilmuan. Hingga warga NU pun harus mencukupi dirinya dengan ilmu.

Karenanya, untuk meneruskan tradisi NU, Gus Ipul berkomitmen memajukan pendidikan di Jawa Timur dengan program Dik Dilan (pendidikan gratis dilanjutkan).

Program itu menggratiskan sekolah negeri hingga tingkat SMA/SMK. Sedangkan untuk swasta, beasiswa bagi siswa tidak mampu akan ditingkatkan sehingga seluruh warga mendapatkan kesempatan yang sama.

Selain itu, bantuan operasioanal sekolah daerah (Bosda) untuk madrasah diniyah (Madin) juga ditingkatkan. Guru swasta juga akan diberikan upah minimum guru (UMG) sehingga standar upah bisa merata dan mensejahterakan guru.

Usai menghadiri harlah NU di Sugihwaras, Gus Ipul menyapa dan menghadiri harlah NU di Temayang. Di lokasi ini, ribuan warga NU juga menyapa Gus Ipul dengan mengacungkan dua jari tanda dukungan.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 3 Juni 2024
28o
Kurs