Minggu, 5 Mei 2024

KPU Menilai Ada Dugaan Kecurangan Pilpres di Sampang Madura

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Ferry Kurnia Rizkyansyah anggota KPU di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2014) menilai ada dugaan kecurangan Pilpres di Sampang Madura.

Dalam pemungutan suara pilpres di 17 TPS dari Desa Ketapang Barat Kecamatan Ketapang Sampang Madura semua suara diraih pasangan Prabowo Hatta dengan mendapatkan 417 suara dan pasangan Jokowi JK mendapatkan 0 suara dengan suara tidak sah 2 suara.

Anehnya lagi, tak ada tanda tangan saksi di formulir C1 dalam pemungutan suara di daerah itu.

KPU menilai kasus di kedua daerah itu sebagai bentuk kecurangan pilpres. Sedangkan perlunya pemilu ulang di Sampang menurut Ferry, hal itu menunggu rekomendasi dari Panwaslu Sampang.

“Itu merupakan kecurangan pilpres. Tapi untuk dilakukan pemilu ulang, kita tunggu rekomendasi Panwaslu di sana,” ujar Ferry.

Sementara Hadar Gumay Komisioner KPU mengakui kalau daerah Sampang seringkali bermasalah. Meski demikian pihaknya akan menyelidiki kasus yang menguntungkan pasangan Prabowo-Hatta di Sampang Madura ini.

Hadar menilai kekeliruan dalam kasus di Sampang bisa juga karena faktor manusianya yang tidak mengerti proses pemilu. Untuk itu, KPU sedang mencari tahu dari pihak Panwaslu dan KPU setempat.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs