Senin, 20 Mei 2024

KPU Jatim Tuntaskan Rekapitulasi 38 Kabupaten-Kota

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Sesudah sempat di skors beberapa kali, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur selesai menggelar proses rekapitulasi pemilu legislatif (pileg) 2014.

Dalam rekapitulasi penghitungan suara hasil pileg 2014, KPU Jawa Timur hanya merekap hasil pileg untuk Kota Surabaya, karena sebelumnya hanya Surabaya yang masih bermasalah, karena adanya hitung ulang di PPK Simokerto dan rekapitulasi ulang di 11 kecamatan di Surabaya yang baru tuntas digelar, Senin (5/5/2014) malam.

Choirul Anam Komisioner KPU Jawa Timur mengatakan, dalam proses rekapitulasi akhirnya, KPU Jawa Timur sempat menskors beberapa kali rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara, karena ada 4 kabupaten lain yang belum tuntas proses rekapitulasinya dan karena ada masalah hitung ulang dan coblos ulang, di antaranya di Kabupaten. Pasuruan, Sampang, Blitar dan Bondowoso.

Dengan tuntasnya proses rekapitulasi untuk Surabaya, maka KPU Jawa Timur juga sudah tuntas merekap hasil pileg di tingkat provinsi dan akan langsung melanjutkan untuk merekapitulasi di KPU Pusat yang akan digelar besok.

“Sesudah rekpitulasi provinis tuntas, sore ini juga komisioner KPU Jawa Timur akan langsung ke Jakarta, untuk menyiapkan hasil rekapitulasi yang sudah di gelar dalam rapat pelno terbuka,” ujar Anam, Senin (6/5/2014).

Menurut Anam, dari hasil rekapitulasi yang digelar KPU Jawa Timur, ternyata tidak ada perubahan signifikan untuk peroleh suara para caleg yang sempat menyoal dan melaporkan dugaan penggelembungan suara.

“Bahkan ada beberapa caleg yang dilaporkan menggelembungkan suara, justru suaranya bertambah sesudah ada rekpitulasi ulang, jadi tidak terlalu signifikan,” jelas Anam.

Sementara Didik Prasetyono Saksi PDI Perjuangan Jawa Timur mengatakan, partainya menolak tanda tangan hasil rekapitulasi yang digelar KPU Jawa Timur di beberapa Dapil, di antaranya Dapil 1, 2 dan 11.

Penolakan dilakukan karena ada beberapa hal yang dinilai partai tidak layak kalau rekapitulasi ditanda tangani diantaranya soal dugaan penggelembungan suara di Surabaya, Pasuruan dan Sampang juga Bangkalan.

Sampai proses rekapitulasi berakhir, kondisi keamanan di Kantor Bakesbang Politik Pemprov Jawa Timur terlihat kondusif, polisi juga sudah siaga melakukan pengamanan mulai pagi, sampai tuntasnya proses rekapitulasi penghitungan suara. (tas/ipg)

Teks Foto :
– Suasana Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pileg 2014 KPU Jawa Timur, di Kantor Bakesbang Politik Pemprov Jatim, Selasa (6/5/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
24o
Kurs