Sabtu, 30 Mei 2020

RSU dr Haryoto Siap Tampung Caleg Depresi dan Gila

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Dampak pesta demokrasi akbar Pemilu Legislatif ketika gagal dalam berkompetisi untuk memperebutkan jatah kursi sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif diperkirakan calon legislatif (Caleg) ada yang depresi, stress, dan bahkan gila. Parahnya diantara banyak kasus, ada yang sampai melukai diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Potensi inilah yang saat ini juga menjadi perhatian pelayanan kesehatan di Kabupaten Lumajang.

Terutama dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haryoto Lumajang. Dimana, RS terbesar di Kota Pisang ini akan menyiapkan rujukan bagi Caleg yang mengidap depresi, stress atau bahkan gila ketika gagal dalam Pemilu Legislatif. Hal ini disampaikan dr Triworo S Nadjieb Direktur RSUD dr Haryoto kepada Sentral FM, Selasa (25/3/2014).

Dikatakan dokter umum berhijab ini, RS yang dikelolanya tidak memiliki dokter spesialis jiwa dan juga ruang perawatan khusus untuk pasien pengidap gangguan pshikis kejiwaan.

“Namun, jika ada pasien Caleg yang depresi, stress atau gila, bisa kita tampung sementara saja. Selanjutnya, kami akan membuatkan rujukan bagi mereka untuk dirawat intensif ke RS Jiwa Lawang atau RS Jiwa Menur di Surabaya,” kata dr Triworo S Nadjieb.

Depresi, stress atau ganggulan kejiwaan parah akibat gagal Pemilu Legislatif, diakuinya, memang bukan hal yang baru. Dan, di Rumah Sakit di berbagai daerah yang memiliki kesiapan tenaga dokter dan ruang perawatan, akan mempersiapkan maksimal kapasitas yang dimiliki.

“Untuk RSUD dr Haryoto, karena keterbatasan tidak adanya dokter spesialis jiwa dan ruang perawatan, kami akan menyiapkan ruang tersendiri saja. Akan tetapi, penyakit kejiwaan ini kan tidak harus diopname karena ada gradasinya. Ada yang hanya depresi dan stress saja,” terangnya.

Namun, lanjutnya, ada yang sampai parah hingga melukai diri sendiri dan orang di sekitarnya. Tentu yang seperti ini harus diisolasi. Untuk itulah, RSU dr Haryoto hanya bisa menyiapkan rujukan ke RS Jiwa. “Kendati tindakan daruratnya bisa dilakukan di RSU dr Haryoto Lumajang sementara,” pungkas dr Triworo S Nadjieb. (her/ipg)

Teks Foto :
– dr Triworo S Nadjieb Direktur RSUD dr Haryoto Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Sabtu, 30 Mei 2020
31o
Kurs