Jumat, 3 Mei 2024

Berikut Negara yang Terkenal dengan Makanan Fermentasinya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tempe, makanan fermentasi. Foto: hagkenfarm.com

Kuliner kini bukan hanya sekadar pengisi perut dan penuntas masalah lapar. Sekarang ini di berbagai belahan dunia, makanan seolah telah menjadi destinasi wisata yang banyak dicari para wisatawan.

Berbicara kuliner, tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas teknik pengolahan makanan yang satu ini. Adalah fermentasi, teknik pengolahan bahan pangan yang dalam prosesnya mengubah karbohidrat menjadi karbon dioksida atau asam amino organik menggunakan ragi, jamur, atau bakteri tertentu.

Jika kamu adalah tipikal pemburu kuliner saat bepergian, berikut negara yang terkenal dengan makanan fermentasi yang patut kamu coba.

Kimchi – Korea Selatan

Bagi para penggemar K-Pop maupun K-Drama pasti tak asing lagi dengan olahan pangan bernama kimchi. Berupa sayur sawi/kol/wortel yang didiamkan setelah dilumuri saus dan bumbu pedas yang kemudian didiamkan selama beberapa malam.

Makanan tradisional korea ini menawarkan citarasa asin, asam, dan pedas. Selain itu ternyata olahan fermentasi ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Tertarik mencoba?

Tempe – Indonesia

Olahan fermentasi satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu makanan fenomenal nan mendunia dari Indonesia. Berbahan dasar kedelai, tempe dapat diolah menjadi berbagai varian makanan lezat seperti tempe goreng, bacem, tempe panggang, sampai steak tempe.

Saking populernya, makanan yang terbuat dari biji kedelai fermentasi ini melejit sampai ke Amerika dan beberapa negara lainnya.

Yogurt – Turki

Bagaimana rasanya mencicipi makanan yang mendunia tapi di tempat asalnya? Hal tersebut juga berlaku dengan yogurt.

Olahan susu fermentasi ini meskipun sudah banyak dijumpai di negara lain, tapi yogurt Turki tetap memiliki ciri khasnya tersendiri dengan rasa creamy dan ketebalan yang pas. Di Turki, yogurt biasanya dimanfaatkan sebagai campuran masakan dan berbagai minuman.(all/dim/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs