Jumat, 26 April 2024

Kue Choi Pan, Si Gurih dari Singkawang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kue Choi Pan. Foto: Palari Films

Menikmati kue Choi Pan masakan Iwan Murtanto di depotnya di Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Barat, Kalimantan Barat, tidak hanya lezat, tapi juga memperoleh suasana yang nyaman mirip di Tiongkok.

Lokasinya di kawasan rumah kuno khas China milik keluarga Marga Xie Shou Shi (Tjhia Siu Si) yang sudah masuk situs cagar budaya sejak 2011.

“Kami bisa memasak kue Choi Pan dari turun temurun,” ucap Iwan Murtanto pemilik depot kue Coi Pan di Singkawang, seperti dilansir Antara, Selasa (24/9/2018).

Depot itu selalu ramai dikunjungi tidak hanya wisatawan domestik (wisdom) dari berbagai daerah di Tanah Air, tapi juga wisatawan manca negara (wisman).

Ia menyebut pengunjung di depotnya yang menyantap kue Choi Pan tidak hanya masyarakat biasa, tetapi juga sejumlah artis ibu kota, seperti Meriam Belina, Dian Sastro, juga yang lainnya.

Tidak hanya itu, wisman yang datang juga dari berbagai negara, antara lain, Jepang, Kanada, Tiongkok, juga negara yang lainnya.

“Kalau pengunjung wisdom ya dari berbagai daerah di Tanah Air,” ujarnya.

Dalam menikmati kue Choi Pan dilengkapi dengan sambal, juga kecap, dipadu dengan minuman khas Singkawang yaitu Sasi Pipo.”Saya menjual kue Choi Pan Rp1.500 per kue dan minuman khas Singkawang Rp10.000 per botol,” ucap dia menjelaskan.

Ditanya menu dasar kue Choi Pan, menurut Iwan, di dalamnya berisi sayur-sayuran, juga buah bengkuang yang diiris-iris, juga dilengkapi bumbu lainnya.

“Saya habis banyak, rasanya lezat dan gurih,” ucap Andre salah seorang pembeli.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs