Rabu, 24 April 2024

Sekala Niskala dan Marlina Berhasil Tayang di Festival Film Shanghai

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sekala Niskala atau judul lain dari The Seen and Unseen. Foto: Instagram @theseenandunseen

Dua film Indonesia, yakni The Seen and Unseen atau dengan judul lain Sekala Niskala dan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak berhasil tayang di Shanghai International Film Festival (SIFF) 2018.

Menurut Konsulat Jenderal RI di Shanghai kepada Antara, kedua film itu mampu memukau penonton selama festival pada 16-24 Juni 2018, Kamis (28/6/2018).

The Seen and Unseen yang disutradarai Kamila Andini dengan para pemeran Ayu Laksmi, Ida Bagus Putu Radithya Mahijasena, Ni Kadek Thaly Titi Kasih, I Ketut Rina, dan Happy Salma. Film ini masuk dalam kategori Belt and Road Film Week.

Film The Seen and Unseen mengisahkan tentang pengalaman magis anak kembar dari Bali. Film ini diputar serentak di Indonesia pada Maret 2018 dan tayang empat kali di empat bioskop berbeda di Shanghai.

Sementara film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak yang disutradarai Mouly Surya, yang dibintangi oleh Marsha Timothy, berhasil masuk dalam kategori Spectrum.

Film yang mengetengahkan kisah mistis seorang janda di Pulau Sumba itu diputar di dua gedung bioskop di Shanghai.

“Kedua film tersebut menyedot 500 penonton di Shanghai,” kata Dewi Umaya Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia.

Menurut dia, jumlah penonton tersebut cukup bagus mengingat untuk bisa menayangkan film asing di daratan Tiongkok. Apalagi dalam festival film internasional seperti SIFF bukan persoalan mudah.

Selain seleksi yang ketat, proses alih bahasa dan peraturan serta penyesuaian dengan kondisi negara setempat sangatlah rumit.

SIFF merupakan festival dan kompetisi film internasional yang diakui oleh International Federation of Film Producers Associations.

SIFF telah dilaksanakan selama dua puluh tahun terakhir dan tahun ini merupakan edisi yang ke-21. Pembukaan SIFF 2018 dihadiri dua aktor papan atas Hollywood, yakni Jason Statham dan Nicolas Cage.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi film Indonesia yang dapat tayang pada SIFF berikutnya. Bahkan bisa menembus pasar film Tiongkok yang sangat terbatas untuk film asing,” kata Dewi selaku ketua delegasi Indonesia di ajang SIFF itu.(ant/tna/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs